2 Tempat Wisata di Semarang Bernuansa Alam Bebas | Breaktime
2 Tempat Wisata di Semarang Bernuansa Alam Bebas
17.10.2017

Kota Semarang, atau yang juga dikenal dengan nama Kota Lumpia ini sangat dikenal tidak hanya dengan hidangan khasnya tapi juga berbagai macam tempat wisata bersejarah. Contohnya adalah gedung peninggalan era pemerintahan Belanda yaitu Lawang Sewu yang sangat terkenal dengan nuansa mistisnya. Gedung-gedung peribadatan seperti Majid Agung, Pagoda Buddhagaya Watugong, dan Klenteng Sam Poo Kong juga bisa menjadi destinasi yang menarik buat B’Timers yang ingin berwisata religi. Nah, bagi Anda para penikmat wisata alam ada 2 tempat wisata di Semarang dengan pemandangan alam yang memukau yang wajib Anda kunjungi, lho.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tujuan Wisata Puncak Ini Wajib Dikunjungi

Goa Kreo

Salah satu tempat wisata di Semarang yang paling terkenal dengan keindahan alamnya adlaah Goa Kreo. Goa ini termasuk goa alam yang sangat bersejarah dan dianggap keramat bagi penduduk sekitar, karena dipercaya bahwa goa tersebut adalah lokasi petilasan, atau pertapaan dari Sunan Kalijaga. Konon Sunan Kalijaga singgah dan bertapa di goa tersebut saat beliau sedang mencari kayu jati yang akan digunakan untuk membangun Masjid Agung Demak.

Goa Kreo terletak di Dukuh Talun Kacang, tepatnya di Kecamatan Gunung Pati.  Selama Anda berjalan ke goa ini, Anda akan merasakan kesejukan angin sepoi-sepoi yang berhembus di antara pepohonan hijau. Ditambah lagi dengan pemandangan Bendungan Jatibarang dengan badan air yang sangat luas dan lapang. Area Goa Kreo ini juga menjadi habitat alami dari kera-kera liar spesies ekor panjang yang berjumlah sekitar 400-500 ekor.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Liburan ke Bandung dengan Paket Resort Murah

Monyet-monyet tersebut memang dibiarkan hidup bebas oleh para warga sekitar dan dianggap sebagai penunggu dari wilayah goa. Bahkan, kehadiran monyet-monyet tersebut juga memiliki legenda tersendiri lho, B’Timers. Konon pada saat Sunan Kalijaga sedang mencari kayu, beliau bertemu dengan sekelompok monyet liar.

Oleh sang Sunan, kelompok monyet tersebut dimintakan tolong untuk menjaga kayu tersebut. Pertemuan antara Sunan Kalijaga dan para monyet liar itulah yang menjadi asal dari nama “Kreo” pada Goa Kreo yang berasal dari kata bahasa Jawa “mangreho” yang berarti “peliharalah” atau “jagalah”. Hmm, tak heran jika pesan dari Sunan Kalijaga tersebutlah yang mendasari keputusan pemerintah setempat untuk turut melestarikan populasi kera liar tersebut.

Untuk mengakses tempat wisata ini, Anda perlu mempersiapkan budget sekitar Rp 2.500,- saja untuk tiket masuk dan biaya tambahan parkir sekitar Rp 1.000,-. Jika B’Timers ingin sekaligus menikmati wisata keliling bendungan Jatibarang, Anda dapat menyewa speedboat bermuatan 4 orang dengan harga sewa Rp 10.000,- saja. Murah meriah, kan?

2 Tempat Wisata di Semarang Bernuansa Alam Bebas | Breaktime
Tempat wisata di Semarang ini masih alami!

Curug Benowo

Di Semarang ada juga lho tempat wisata alam yang masih benar-benar alami dan belum tersentuh oleh tangan manusia. Buat Anda yang ingin berwisata air terjun wajib lho mengunjungi Curug Benowo. AIr terjun ini terletak di Desa Kalisidi Kecamatan Ungaran Barat, dan untuk mencapai tempat wisata alami ini Anda wajib mempersiapkan kondisi fisik yang prima.

Karena seperti yang sudah BreakTIme katakan di atas, tempat wisata ini masih cenderung alami dan sama sekali tidak tersentuh oleh tangan siapapun terutama tangan pemerintah. Jadi, medan yang harus dilalui pun cenderung sangat sulit dan tidak ada pilihan lain selain Anda melakukan trekking dengan jarak yang cukup jauh dan memakan waktu sekitar 2-3 jam.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tempat Wisata di Bogor dan Puncak Anti-Macet

Tapi tidak perlu khawatir dengan rasa capek, karena sepanjang perjalanan Anda akan ditemani dengan hijaunya pepohonan, sejuknya angin, dan gemericik air sungai jernih yang bakal membuat Anda semakin bersemangat untuk berpetualang. Rasa lelah Anda langsung terbayar saat Anda sampai di wisata curug dengan air Gunung Ungaran yang sangat jernih dan menyegarkan. Kalau Anda mau, Anda bisa beristirahat sejenak di Curug Benowo sebelum melanjutkan perjalanan ke Curug Lawe yang memang berlokasi sangat dekat dari situ.

Rugi deh jika Anda tidak mengunjungi 2 tempat wisata di Semarang di atas! (dkp)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE