Yuk, Angkat Ransel Lagi! 10 Destinasi Top Tahun Ini | Breaktime
Yuk, Angkat Ransel Lagi! 10 Destinasi Top Tahun Ini
17.03.2015

Setelah perayaan Imlek yang diikuti tradisi Cap Go Meh, ada mitos yang meyakini bahwa cuaca mulai cerah. Musim hujan berganti musim semi atau panas. Dan inilah saat terbaik bagi B'timers untuk kembali mengangkat ransel, berpetualang menikmati keindahan Nusantara.

Kalau selama ini Anda sering mendengar destinasi-destinasi yang sudah terkenal seperti Bali, Lombok, Wakatobi, Derawan, Flores, atau bahkan Raja Ampat, ternyata masih banyak tempat-tempat eksotik di penjuru negeri yang belum banyak dieksplorasi.

Berikut 10 destinasi alternatif yang bisa Anda pilih di tahun 2015 versi Breaktime:

Tanjung Puting

Terletak di lebatnya belantara hutan Kalimantan yang dibelah sungai-sungai alami, Taman Nasional Tanjung Puting memberi pengalaman berinteraksi dengan Orang Utan di habitat aslinya. Taman Nasional dengan luas hampir seukuran pulau Bali ini disebut-sebut sebagai ibu kota-nya Orang Utan di muka Bumi. Selain Orang Utan, di sini juga merupakan habitat alam untuk bekantan, monyet, buaya, berbagai jenis burung, dan hewan liar lainnya.

Mentawai

Kepulauan Mentawai identik dengan ombak Samudera Hindia yang menjadi magnet para surfer dari penjuru dunia. Tak hanya surfing dan pantai, Mentawai juga memberi Anda pengalaman berbaur dengan suku asli Mentawai yang menganut budaya megalitik. Suku Mentawai juga masih mempertahankan budaya tato tradisional pada tubuh mereka.

Pantai Ora

Disebut-sebut sebagai Maldives-nya Indonesia, Pantai Ora terletak di Pulau Seram, Maluku Tengah. Landscape pantai dan pegunungan yang masih alami, dengan resort-resort yang mengapung di atas laut yang jernih membuat pantai ini ibarat surga di Indonesia Timur.

Pulau Rote

Rote merupakan wilayah paling selatan Indonesia. Pulau ini memiliki budidaya Lontar, alat musik Sasando, topi adat Tii Langga, dan wisata bahari terutama olahraga selancar di Pantai Boa. Sebagian besar daratan di kepulauan Rote berupa tanah dengan batu karang menawan.

Takabonerate

Di selatan Makassar terdapat Taman Nasional Takabonerate yang memiliki karang atol terluas ketiga di dunia. Kepulauan yang terletak di Kabupaten Kepulauan Selayar ini juga memiliki terumbu karang datar seluas 500 km persegi. Topografi Takabonerate terdiri dari atol yang membentuk pulau-pulau kecil yang dikelilingi termbu karang. Perjalanan tujuh jam dari Makassar akan terbayar dengan keindahan Takabonerate.

Tomohon

Bila berkunjung ke Sulawesi Utara, sempatkan mampir Tomohon, tepatnya Pasar Beriman Tomohon. Sebuah pasar yang terkenal dengan sebutan “pasar ekstrem” karena di sini menjual binatang-binatang yang tak lazim untuk dikonsumsi, seperti kelelawar, tikus, bahkan ular.

Tambora

Letusan gunung api Tambora sekitar dua abad lalu begitu melegenda. Tahun 2015 merupakan waktu kunjungan terbaik bagi para pendaki ke gunung api di wilayah Nusa Tenggara Barat ini karena bersamaan dengan event internasional “Dua Abad Tambora Menyapa Dunia”.

Togean

"It takes determination to get to the Togean Islands, but believe us, it takes much more determination to leave" tulis Lonely Planet tentang Togean. Destinasi ini mungkin tak sepopuler Bunaken atau Wakatobi yang sama-sama berada di wilayah Sulawesi. Tapi Togean menyimpan keindahan pulau, pantai, hutan mangrove, air terjun, dan taman bawah laut yang alami. 

Anambas

Bagi sebagian traveler domestik, nama Anambas mungkin masih relatif asing. Kepulauan di Laut China Selatan ini tahun 2013 lalu dinobatkan CNN sebagai Destinasi Tropis Terbaik di Asia. Terdapat banyak spot snorkeling, diving, pulau-pulau kecil yang menjadi habitat penyu, serta laguna yang terpisah dari lautan lepas.

Sumba

Terletak di selatan Flores, Pulau Sumba menyimpan keindahan alam khas Indonesia Timur yang tak ada duanya. Pantai alami dan padang rumput serta kawanan kuda yang merupakan potret landscape Sumba adalah pemandangan sehari-hari di pulau ini. Pamor Sumba sebagai destinasi wisata makin melejit seiring film Pendekar Tongkat Emas pertengahan Desember 2014.

Beberapa list destinasi di atas bisa menjadi referensi B'timers untuk merencanakan liburan jelang musim panas tahun ini. Yuk, jalan-jalan keliling Nusantara!

Share This Article