Kokoh dan Indahnya Masjid Baiturrahman Aceh Ini! | Breaktime
Wow, Kokoh dan Indahnya Masjid Baiturrahman Aceh Ini!
07.07.2016

Jika Anda berkunjung ke Banda Aceh, kurang afdol rasanya tanpa mampir ke Masjid Baiturrahman. Kenapa? Karena masjid ini merupakan situs bersejarah yang telah ada sejak Kesultanan Aceh sampai sekarang lho, B’timers. Banyak sumber menyebutkan bahwa tempat sembahyang umat Muslim ini didirikan tahun 1292 oleh Sultan Alauddin Johan Mahmudsyah. Namun, sumber lain menyebutkan masjid ini didirikan pada tahun 1612 oleh Tuan Iskandar Muda.

Masjid yang jadi saksi sejarah banyak peristiwa

Masjid seluas 16.070 m2 ini banyak memiliki kisah sejarah. Terletak di pusat kota Banda Aceh, masjid ini telah bertahan dari berbagai macam peristiwa. Mulai dari peristiwa pembakaran oleh kolonial Belanda tahun 1873 hingga tragedi tsunami tahun 2004 silam. Jadi, bisa dibilang masjid ini adalah salah satu tempat bersejarah di Indonesia.

Kokoh dan Indahnya Masjid Baiturrahman Aceh Ini! | Breaktime
Tetap kokoh setelah dihantam gelombang tsunami

Sebelumnya, pada 10 April 1873 masjid ini hampir dibumihanguskan oleh Belanda. Namun, hampir runtuhnya Masjid itulah yang memicu munculnya perlawanan Rakyat Aceh. Bersatunya Rakyat Aceh waktu itu akhirnya mampu mengusir Belanda dari tanah Aceh.

Perlu diketahui juga bahwa masjid ini telah merasakan berbagai macam renovasi. Pihak Belanda atas perintah Jendral Van Der Heijden pun juga pernah membangun ulang Masjid Baiturrahman. Pembangunan ulang ini tidak lain untuk meredakan resistensi rakyat Aceh terhadap pendudukan Belanda. Tapi, perlu diketahui juga bahwa pembangunan ulang pada 1879 hingga 1881 itu menggunakan arsitek de Bruchi yang mengadaptasi gaya Moghul (India).

Kokoh dan Indahnya Masjid Baiturrahman Aceh Ini! | Breaktime
Keindahan masjid yang menakjubkan

Arsitektur yang megah

Ada yang unik ketika melihat atap masjid asal Kota ujung timur Indonesia ini, B’timers. Atap masjid ini berbentuk limas bersusun empat. Bentuk seperti itu terus dipertahankan sejak masa Kesultanan Aceh dulu hingga sekarang. Ditambah dengan 5 kubah masjid yang ekstra besar membuat masjid ini tambah eksotik. Perlu diketahui juga, kalau kelima kubah ini merupakan perlambang lima elemen Pancasila.

Masih segar di ingatan kita bahwa Kota Serambi Makkah ini juga pernah dilanda bencana tsunami pada 26 Desember 2004. Masjid Baiturrahman adalah salah satu bangunan yang selamat dari peristiwa tersebut. Gelombang air laut setinggi 21 meter tersebut memang membuat kerusakan di beberapa bagian masjid, tapi tidak membuat Masjid ini ikut hanyut. Kuasa Tuhan tak ada yang mampu melawan. Masjid Baiturrahman berdiri kokoh dengan menawan. (nap)

Share This Article