Wisata Unik Watu Giring Semanu - Yogyakarta | Breaktime
Wisata Unik Watu Giring Semanu - Yogyakarta
08.11.2016

Yogyakarta adalah kota dengan status Daerah Istimewa yang terletak di Jawa Tengah. Kota ini telah lama dikenal dengan objek-objek wisatanya yang sarat akan nilai sejarah masa kerajaan dan kekentalan budaya tradisionalnya. Di kota ini juga terdapat wisata alam dengan pemandangan yang mengagumkan seperti Pantai ParangTritis. Selain wisata candi, wisata keraton, dan wisata pantai, Anda juga dapat menyaksikan keindahan yang unik dari bekas lokasi pertambangan yaitu Watu Giring yang terletak di Dusun Pacarejo Desa Jelok Kecamatan Semanu Kabupaten Gunung Kidul.

Tempat wisata ini dulunya adalah lokasi penambangan gunung kapur. Yang membuat tempat ini memiliki daya tarik adalah bentuk dari bebatuan di sana yang berundak-undak dengan tingkat ketinggian yang berbeda sehingga menyerupai bangunan punden berundak pada zaman Megalitikum. Bentuk dari bebatuan tersebut dibuat oleh penambang batu kapur yang berpuluh tahun yang lalu mengadakan aktivitas penambangan di lokasi tersebut. Mereka memotong batu-batu tersebut dengan ukuran yang kecil serta memanjang agar lebih mudah diangkut. Saat ini, aktivitas penambangan batu tersebut telah dihentikan dan para penambang batu tersebut mewariskan bentuk pegunungan batu dengan rupa yang sangat unik. 

Wisata Unik Watu Giring Semanu - Yogyakarta | Breaktime
Bagi Anda yang hobi fotografer wajib mampir!

Keindahan dari tempat wisata ini semakin terlihat karena bebatuan tersebut seakan melebur menjadi satu dengan pepohonan dan semak belukar di sekitarnya serta latar belakang langit biru yang membentang di atasnya. Tidaklah mengherankan bahwa tempat wisata ini menjadi lokasi yang strategis untuk sesi-sesi pemotretan.

Karena tempat wisata ini tidak dikelola oleh pemerintah resmi melainkan dikelola oleh organisasi karang taruna di desa tersebut, Anda hanya perlu membayar biaya masuk seikhlasnya dan bagi Anda yang mengendarai kendaraan bermotor roda dua, Anda cukup membayar Rp. 2.000,- untuk kendaraan beroda dua dan Rp. 5.000,- untuk kendaraan beroda empat.

Nah, bagi B’Timers yang punya rencana traveling ke kota Yogyakarta tidak ada salahnya Anda mampir ke tempat wisata Watu Giring ini untuk menikmati keindahannya. (dkp)



artikel kompilasi
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE