Wisata Seni di Museum Affandi Yogyakarta | Breaktime
Wisata Seni di Museum Affandi Yogyakarta
16.01.2017

B’Timers, bagi Anda yang merupakan pencinta seni tentu cukup mengenal nama Affandi Koesoema, bukan? Nama maestro tersebut telah melanglang buana hingga ke kancah internasional, dan seluruh penduduk dunia mengenalnya sebagai maestro dengan ciri khas lukisan bergenre ekspresionisme dan abstrak. Pelukis kawakan ini juga turut memperjuangkan kemerdekaan rakyat Indonesia pada masa kependudukan Jepang melalui seni melukisnya. Dan bahkan ketika ia pada akhirnya menghembuskan napas terakhir di tahun 1990, hingga kini sepak terjang dan karya-karyanya terus dikenang dan diabadikan di dalam sebuah museum seni bernama Museum Affandi.

Museum Affandi adalah sebuah galeri museum yang ditujukan untuk menghormati seorang maestro lukisan berkewarganegaraan Indonesia yang bernama Affandy. Di  bangunan ini Anda dapat melihat lebih dari 300 jenis lukisan karya sang maestro dalam keadaan utuh dan bagus terawat. Selain itu, Anda juga dapat melihat karya seni dari pelukis-pelukis lain, serta berbagai macam barang yang pernah digunakan oleh mendiang maestro legendaris tersebut, seperti alat transportasi yang ia gunakan semasa hidup, dan rumah yang beliau tinggali. Bahkan di sini tersedia sanggar lukisan yang ditujukan untuk membina anak-anak dan memupuk jiwa seni dari anak-anak tersebut.

Bangunan museum seni Affandi terdiri atas tiga bangunan, dengan bangunan pertama yang dibangun pada tahun 1962. Di dalam masing-masing bangunan galeri tersebut Anda akan menemukan berbagai macam objek lukisan dan objek-objek lainnya yang dipamerkan. Di gedung galeri I sebagai contohnya, Anda dapat menjumpai beberapa karya lukisan dari mendiang Affandi mulai dari awal ia meniti karier sebagai pelukis hingga akhir hayatnya.

Selain karya lukisan, di gedung I ini Anda juga dapat menyaksikan alat transportasi sedan Mitsubishi Gallant keluaran tahun 1975 dan sepeda Reliegh peninggalan tahun 1975. Di sini juga dipamerkan berbagai macam objek sehari-hari yang digunakan oleh mendiang maestro semasa hidupnya, seperti sandal, jepit, kuas, ember, kain, sarung, foto-foto kenangan, pipa cangklong kesayangan mendiang, dan lain sebagainya. Selain itu Anda juga dapat melihat berbagai macam piagam penghargaan yang diterima oleh Affandi serta koleksi perangko PT. POS Indonesia cetakan tahun 1997 yang mencetak gambar wajah dari sang maestro.

Wisata Seni di Museum Affandi Yogyakarta | Breaktime
Inilah deretan lukisan karya sang maestro. Mengagumkan!

Berlanjut ke galeri yang berada di gedung Galeri II, gedung galeri ini disediakan khusus untuk menampung karya-karya dari putri Affandi bernama Kartika Affandi. Selain lukisan dari putri mendiang Affandi, gedung berlantai dua ini juga memamerkan berbagai macam karya dari pelukis kondang yang merupakan rekan sejawat Affandi, seperti Basuki Abdullah, Popo Iskandar, Hendra, Rusli, Fajar Sidik, S. Sujoyono, Barli, Wahdi S, Bagong Kusudiarjo, dan lain sebagainya. Di lantai pertama dari gedung ini diisi dengan lukisan-lukisan bergenre abstrak, sedangkan di lantai dua Anda dapat melihat berbagai lukisan dengan jenis realis.

Karya-karya lain dari Kartika Affandi juga dipamerkan di Galeri III yang berisikan kompilasi lukisan-lukisan terbaru dari Kartika yang dibuat pada tahun 1999. Selain itu, Anda juga dapat menemukan lukisan karya Rukmini Yusuf dan saudara dari Kartika Affandi yaitu Juki Affandi. Karya lukisan milik Maryati, ibu dari Kartika dan Juki Affandi dan istri dari Affandi juga dipajang di sini. Karya dari istri Affandi ini tergolong sangat unik karena ia menggunakan teknik sulaman menggunakan kain wool.

Darah seni milik Affandi nampaknya juga mengalir hingga generasi ke-3, yaitu cucu dari Affandi yang bernama Didit. Karya-karya lukisan dari cucu sang maestro tersebut dipajang di Galeri IV yang memiliki desain ruangan yang terlihat unik dibandingkan ruang galeri yang lain karena atap langit-langitnya terbuat dari anyaman bambu.

Nah, bagi B’Timers yang ingin melihat jejak-jejak karya dari sang maestro dan keluarganya sekaligus berziarah ke makam sang maestro dan istrinya, Anda dapat berkunjung ke Museum Affandi yang terletak di Jl. Laksda Adisucipto No.167, Caturtunggal, Sleman yang buka setiap hari mulai dari jam 9  pagi hingga jam 4 sore. (dkp)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE