Wisata Religi Ziarah ke Makam Wali Songo di Pulau Jawa | Breaktime
Wisata Religi Ziarah ke Makam Wali Songo di Pulau Jawa
14.07.2015

Kalau sudah bicara tentang destinasi wisata di Indonesia, kita memang tak pernah kehabisan topik. Keindahan alam yang membentang dari Sabang sampai Merauke rasanya takkan habis ditelusuri. Tetapi, kali ini Breaktime mengajak B’timers sedikit berbelok, nih. Kita akan berwisata religi, yakni mengunjungi makam Wali Songo yang tersebar di wilayah Pulau Jawa.

Wali Songo berarti “sembilan wali”. Dalam bahasa Arab, “wali” artinya “yang terpercaya”, sehingga Wali Songo artinya “sembilan orang yang terpercaya”. Para wali juga disebut sunan dalam bahasa Jawa, mereka turut berperan dalam menyebarkan ajaran Islam yang kemudian mengubah religi dan budaya Jawa. Siapa sajakah mereka dan di mana letak makamnya?

Maulana Malik Ibrahim. Dikenal juga dengan Sunan Gresik. Merupakan pedagang, juga pandai mengobati orang dan memperkenalkan teknik agrikultur. Makamnya terletak di Gresik, Jawa Timur.

Sunan Ampel

Dimakamkan di Demak, Jawa Tengah. Merupakan putra Sunan Gresik dan ayah Sunan Bonang dan Sunan Dradjat. Juga sepupu dan ayah mertua Sunan Giri.

Sunan Giri

Lahir di Banyuwangi. Ayahnya adalah Maulana Ishak, saudara Maulana Malik Ibrahim. Makamnya terletak di Gresik, dekat Surabaya.

Sunan Bonang

Lahir di Rembang, Jawa Tengah. Dimakamkan di Tuban. Merupakan saudara kandung Sunan Drajat. Menciptakan lagu-lagu untuk orkes gamelan.

Sunan Drajat

Merupakan saudara kandung Sunan Bonang. Juga menciptakan lagu-lagu untuk orkes gamelan.

Wisata Religi Ziarah ke Makam Wali Songo di Pulau Jawa | Breaktime
Sunan Drajat berjasa dengan filosofinya dalam mengentaskan kemiskinan

Sunan Kudus

Dimakamkan di Kudus. Diyakini sebagai pencetus pedalangan wayang golek.

Sunan Kalijaga

Lahir dengan nama Raden Mas Said, putra dari Adipati Tuban, Tumenggung Harya Wilatikta. Dimakankan di Kadilangu, Demak. Beliau menggunakan wayang kulit dan musik gamelan untuk menyampaikan ajaran spiritual.

Sunan Muria

Dimakamkan di Gunung Muria, Kudus. Merupakan putra dari Sunan Kalijaga dan Dewi Soejinah, saudari Sunan Giri. Juga merupakan cucu dari Maulana Ishak.

Sunan Gunung Jati

Makamnya terletak di Cirebon. Merupakan pendiri dan yang pertama memerintah Kesultanan Cirebon. Putranya, Maulana Hasanudin, menjadi pendiri dan yang pertama memerintah Kesultanan Banten.

Well, apakah B’timers sudah pernah berkunjung ke makam para wali? Jika belum, makam Wali Songo bisa jadi destinasi wisata berikutnya, nih!

Share This Article