Wisata Religi Masjid Turen Malang yang Misterius | Breaktime
Wisata Religi Masjid Turen Malang yang 'Misterius'
16.06.2016

Masjid Turen atau yang lebih dikenal sebagai Masjid Tiban Turen memang tersohor memiliki beberapa mitos dan misteri, B’timers. Anda belum tahu Masjid Turen yang terkenal ini? Baiklah, bagi Anda yang belum tahu, Masjid Turen  yang terletak di Kabupaten Malang tepatnya Kecamatan Turen tersebut adalah sebuah masjid dengan keindahan yang luar biasa. Kenapa?

Masjid berwarna dominan biru ini memiliki seni ukir dinding dan arsitektur bangunannya yang membuat Anda tak berhenti berdecak kagum, B’timers. Namun, tak hanya itu yang membuat Masjid Turen jadi terkenal di seluruh pelosok negeri. Pasalnya, masjid ini sangat misterius dengan 2 mitos aneh kepercayaan warga seperti berikut ini.

Masjid dibangun oleh jin

Masyarakat percaya bahwa Masjid dengan 10 lantai itu dibangun oleh jin. Pasalnya, masjid ini terkesan muncul dengan “tiba-tiba”. Warga sekitar yang tinggal di wilayah tersebut di masa lalu mengaku tak pernah melihat aktivitas pembangunan sama sekali.

Wisata Religi Masjid Turen Malang yang Misterius | Breaktime
Secuil bagian dalam masjid

Cerita dari mulut ke mulut semakin menguatkan kepercayaan kalau masjid megah tersebut dibangun oleh tentara jin. Alhasil, pengunjung berdatangan dari berbagai penjuru daerah dan meyakini kalau proses pembangunannya hanya dikerjakan dalam waktu satu malam. Anda akan melihat sendiri betapa ramainya masjid ini hingga berubah menjadi tujuan wisata religi.

Setiap kamar memiliki manfaat dan khasiat

Masjid Tiban juga merupakan sebuah pesantren bernama Salafiah Bihaaru Bahri Asali Fadlaailir Rahmah. Setiap detail kamar pondok dirancang sendiri oleh sang pendiri, yaitu KH Ahmad Bahru Mafdlaluddin Shaleh Al-Mahbub Rahmat Alam. Konon, beliau melakukan sholat istikharah sebelum membangun kamar. Karena itu, warga percaya setiap kamar memiliki khasiat sendiri-sendiri.

Wisata Religi Masjid Turen Malang yang Misterius | Breaktime
Arsitektur dan ukiran yang memukau

Ada sekitar 325 santri yang menetap bersama keluarganya. Mereka tinggal di lingkungan pesantren, sambil terus mengembangkan usaha pesantren. Sementara jumlah santri yang tidak menetap jumlahnya mencapai ribuan.

Nah, jika B’timers ingin berkunjung ke sana, masjid ini terdapat di Jalan KH. Wahid Hasyim Gang Anggur Nomor 10, RT 07/RW 06 Desa Sananrejo, Turen, Kabupaten Malang. Tepatnya, Masjid Turen terletak sekitar 40 kilometer dari Kota Malang. Akan ada banyak penunjuk jalan untuk sampai di tempat ini. Jadi, kapan menyaksikan masjid misterius ini, B’timers? (nap)

Share This Article