Wisata Ke Yogyakarta? Kesini Yuk! | Breaktime
Wisata Ke Yogyakarta? Kesini Yuk!
07.09.2017

Provinsi Yogyakarta tentunya sudah tersohor sebagai salah satu tujuan liburan favorit bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Selain kuliner khasnya yang selalu dirindukan serta eksotisme aneka wisata budaya, Yogyakarta sebenarnya masih menyimpan banyak destinasi wisata yang belum banyak dilirik oleh travelers. Tak hanya Malioboro, Keraton, atau Pantai Parangtritis yang sudah pasti ramai pengunjung dan cenderung mainstream, masih ada berbagai spot pariwisata lainnya di Provinsi Yogyakarta yang pasti belum B’timers ketahui.

Tak hanya anti-mainstream, daftar destinasi wisata berikut ini dijamin akan membawa Anda mengeksplorasi Daerah Istimewa Yogyakarta dengan cara berbeda. Nikmati liburan tak terlupakan dengan mengunjungi aneka tempat wisata yang memacu adrenalin sekaligus mengetarkan hati. B’timers yang tak punya cukup nyali dan tenaga ekstra sebaiknya muncur teratur sebelum mulai menjelajah dengan itinerary wisata ke Yogyakarta yang tak biasa kali ini.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Eksotisme Wisata Jogja Terbaru Bikin Haru

Mendaki ke Merapi tentunya sudah jadi hal biasa. Pernah dengar Gunung Api Purba Nglanggeran? Spot wisata kekinian tersebut merupakan salah satu tempat terbaik untuk berburu keindahan matahari terbenam di Yogyakarta. Berbeda dengan Merapi, gunung api yang satu ini kini tak lagi aktif sejak puluhan juta tahun silam. Berbentuk bongkahan batu andesit raksasa yang membentang sepanjang 800 meter dan setinggi 300 meter, kawasan gunung api purba ini terletak di Desa Nglanggeran, Patuk, Gunugkidul, Yogyakarta. Jalur menuju destinasi wisata alam ini belum dijangkau angkutan umum sehingga Anda harus membawa kendaraan sendiri atau menyewa mobil atau motor. 

Wisata Ke Yogyakarta? Kesini Yuk! | Breaktime
Serunya naik gondola di Pantai Timang

Tak hanya Pantai Parangtritis, Yogyakarta masih menyimpan banyak wisata pantai lainnya di sepanjang garis pantai laut selatan yang masih belum banyak dikunjungi, salah satunya ialah Pantai Timang. Terletak di Jalan Pantai Selatan, Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta, pantai ini tak hanya menjanjikan panorama laut jernih dan hamparan pasir putih, tapi juga wahana permainan gondola yang memacu adrenalin. Awalnya, gondola tersebut hanya digunakan nelayan setempat untuk membawa hasil laut yang telah ditangkap. Kini, kereta gantung tersebut telah menjadi ikon wisata favorit yang mendongkrak popularitas Pantai Timang di mata wisatawan. Harganya yang cukup mahal, yakni 50 ribu Rupiah untuk sekedar mengabadikan foto di atas gondola atau 150 ribu Rupiah untuk menyeberang dengan menggunakan gondola.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tempat Wisata Edukasi Anak di Kawasan Jawa Timur

Wisata ke Yogyakarta memang kurang berkesan apabila Anda tak menyempatkan ke Gunung Merapi. Sejak erupsi terakhir pada tahun 2010, kawasan Merapi memperkenalkan paket wisata baru yang bertajuk Merapi Lava Tour. Alih-alih terpuruk karena bencana Merapi yang dahsyat 7 tahun lalu, penduduk setempat kemudian berinisiatif menawarkan itinerary unik yang mengangkat kisah di balik peristiwa letusan tersebut. Dengan menggunakan mobil jeep sewaan, B’timers akan diajak melakukan perjalanan seru menyusuri lereng Merapi hingga masuk ke sungai. 

Wisata Ke Yogyakarta? Kesini Yuk! | Breaktime
Duduk santai sambil selfie di atas gardu pandang di Kalibiru (jpswisata.com)

Lanjutkan dengan berkunjung ke Museum Mini Sisa Hartaku yang berisi benda-benda milik penduduk sekitar Merapi yang tak sempat terselamatkan, seperti botol kaca yang meleleh, rangka sepeda motor, peralatan dapur yang rusak dan berselimut abu, sisa tabung televisi, hingga kerangka hewan peliharaan. Koleksi museum yang paling menyayat hati ialah jam dinding yang berhenti di angka 00.05 yang menjadi saksi bisu peristiwa letusan Merapi silam. Selain itu, terdapat juga tujuan tur lainnya seperti bunker Kaliadem, Batu Alien, makam Mbah Marijan, hingga menyaksikan panorama sunset. Budget yang perlu Anda siapkan untuk mengikuti Merapi Lava Tour tergantung pada lamanya durasi tur yang Anda inginkan, yakni mulai dari 400 hingga 500 ribu Rupiah.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tempat Kuliner Di Yogyakarta Ini Tak Lagi Manis

Destinasi wisata lainnya yang tengah booming di Yogyakarta ialah gardu pandang di Kalibiru, Kulonprogo. Pemandangan hutan pinus Kalibiru dan Waduk Sermo akan semakin memesona apabila dinikmati di atas gardu pandang yang dibingkai dengan siluet Perbukitan Menoreh di latar belakang. Kawasan yang cukup populer sebagai lokasi pre-wedding ini terletak di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo. Cukup dengan merogoh kocek 3 ribu Rupiah untuk tiket masuk per orang serta 2 ribu Rupiah untuk parkir motor dan 5 ribu Rupiah untuk parkir mobil, Anda bisa menikmati panorama matahari terbit maupun terbenam sembari bersantai di atas gardu pandang sambil memanjakan mata dengan panorama alam khas Kalibiru.

Tertarik menyusun itinerary wisata ke Yogyakarta yang unik nan anti-mainstream seperti di atas? (dee)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE