Wisata ke Pulau Weh? Kunjungi Destinasi Ini! | Breaktime
Wisata ke Pulau Weh? Kunjungi Destinasi Ini!
22.03.2016

Berlibur ke destinasi paling ujung barat Nusantara tentu menjadi sebuah pengalaman tersendiri, tak terkecuali saat B'timers berwisata ke Pulau Weh di Provinsi Aceh.
Pulau Weh merupakan pulau paling barat Indonesia yang terpisah dengan daratan Aceh di Pulau Sumatera. Secara administratif, Pulau Weh merupakan bagian dari Provinsi Aceh, sementara kota Sabang merupakan kota dengan letak paling barat dari Indonesia dan berada di Pulau Weh.
Selain letaknya di ujung barat Indonesia, Pulau Weh juga istimewa bagi penggemar wisata alam, khususnya pantai dan bawah laut, karena memiliki panorama pulau, pantai, dan terumbu karang yang indah.
Berikut lima destinasi pilihan yang pantang terlewatkan saat B'timers berlibur ke Pulau Weh:

1. Tugu Nol Kilometer

Tugu Nol Kilometer merupakan penanda geografis di ujung barat Indonesia. Lokasi tugu ini berada di kawasan hutan wisata dengan jarak sekitar 20 kilometer dari kota Sabang. Tugu Nol Kilometer banyak dikunjungi biker yang melakukan perjalanan dari berbagai daerah di Indonesia. Yang menarik, wisatawan juga bisa mendapatkan sertifikat Nol Kilometer.

Wisata ke Pulau Weh? Kunjungi Destinasi Ini! | Breaktime
Tugu Nol Kilometer di Pulau Weh

2. Pantai Iboih

Pantai Iboih cukup terkenal di kalangan wisatawan lokal maupun asing karena di sekitar lokasi ini terdapat banyak penginapan, warung kuliner dan souvenir, sewa motor, hingga fasilitas snorkeling dan diving. Saat pagi dan siang, Iboih cukup ramai dengan wisatawan yang beraktivitas di sekitar pantai, sedangkan pada malam hari ramai dengan warung-warung kuliner khas Aceh.

Wisata ke Pulau Weh? Kunjungi Destinasi Ini! | Breaktime
Dermaga Pulau Iboih, salah satu spot favorit wisatawan untuk berfoto

3. Air Terjun Pria Laot

Air terjun Pria Laot berjarak sekitar 10 kilometer dan berada di tengah hutan sehingga untuk sampai ke lokasi ini wisatawan harus berjalan kaki sekitar 25 menit dari pinggir jalan. Air terjun ini cocok bagi wisatawan yang ingin mencari suasana alami selain pantai di Pulau Weh.

Wisata ke Pulau Weh? Kunjungi Destinasi Ini! | Breaktime
Aktivitas snorkeling di sekitar Pulau Rubiah

4. Pulau Rubiah

Lokasi ini sangat terkenal bagi wisatawan penggemar snorkeling karena memiliki taman bawah laut yang indah. Terdapat beberapa warung dan tempat jasa diving di sekitar pantai pulau ini.

5. Pantai-pantai lain di sekitar Pulau Weh

Selain Pantai Iboih yang memang sudah cukup terkenal, Pulau Weh sebenarnya masih memiliki deretan pantai-pantai lain dengan karakter landai, sepi, bersih, dan tenang. Beberapa pantai tersebut di antaranya adalah Pantai Gapang, Pantai Anoi Itam, dan Pantai Sumur Tiga. (ZA)

Share This Article