Wisata Budaya di Kampung Tenun Samarinda | Breaktime
Wisata Budaya di Kampung Tenun Samarinda
28.08.2016

Samarinda memiliki ciri khas sendiri dan yang paling terkenal adalah sarung tenun Samarinda. Yang menjadi pusat kerajinan sarung Samarinda adalah Kampung Tenun Samarinda yang terletak di sebelah selatan Kota Samarinda, tepatnya di Samarinda Seberang. Kerajinan sarung Samarinda ini sudah ada sejak lama. Kampung Tenun Samarinda termasuk dalam dua kategori, yaitu destinasi wisata dan warisan budaya.

Kerajinan tenun sarung dikenalkan oleh suku Bugis yang datang ke kawasan Samarinda, Kalimantan Timur pada tahun 1668 silam. Hingga saat ini para wanita di Kampung Tenun ini bergantung hidup pada penghasilan kain sarung yang mereka produksi. Sarung tenun Samarinda diproduksi secara tradisional dengan menggunakan alat tenun sederhana yang disebut dengan gedokan.

Produksi sarung tenun ini secara keseluruhan dikerjakan oleh tenaga manusia, mulai dari memberi warna benang, memintal, menenun, hingga mencuci, semua dilakukan secara tradisional tanpa menggunakan mesin. Dikarenakan masih menggunakan alat tenun tradisional dan sederhana, proses pembuatan sarung tenun Samarinda ini membutuhkan waktu sekitar dua hingga tiga hari. Itulah yang menyebabkan satu sarung tenun Samarinda dibanderol dengan harga yang cukup mahal.

Wisata Budaya di Kampung Tenun Samarinda | Breaktime
Salah satu pengrajin wisata Kampung Tenun Samarinda

Selain itu, bahan yang digunakan untuk membuat sarung tenun ini juga memiliki kualitas yang baik. Bahan-bahan tersebut antara lain, benang sutera alam (Warm Silk), benang sutera impor (Spoon Silk), dan bahan pewarna impor dengan segala macam warna. Bahan-bahan tersebut kebanyakan diimpor dari Jepang dan Jerman.

Corak dan warna yang dihasilkan dari sarung tenun yang diproduksi oleh Kampung Tenun Samarinda ini sangat beragam. Seperti misalnya Lebba Suasa yang merupakan corak pertama kali dibuat oleh para pengrajin tenun Samarinda. Ada lagi Kamummu (Hatta) yang merupakan corak dengan kombinasi warna biru dan hitam. Dan masih banyak lagi.

Jika Anda penasaran dengan sarung tenun Samarinda yang sangat terkenal dengan keindahannya ini, langsung saja kunjungi wisata Kampung Tenun Samarinda. Anda juga bisa ikut melestarikan budaya Indonesia dengan membeli sarungnya, lho! (vpd) 

Share This Article