Wisata Bawah Laut, Selamatkan Terumbu Karang | Breaktime
Wisata Bawah Laut, Selamatkan Terumbu Karang
03.03.2017

Indonesia sebagai negara kepulauan dengan kekayaan hayati laut dan terumbu karang yang menjadi daya tarik wisatawan domestik maupun mancanegara.

Untuk menikmati keindahan ekosistem terumbu karang Indonesia, snorkeling atau diving merupakan dua aktivitas utama yang paling banyak digemari wisatawan penggemar keindahan bawah laut. 

Beberapa waktu lalu sempat viral di media sosial aksi vandalisme yang menyebabkan kerusakan terumbu karang di Nusa Penida dan Raja Ampat, dua destinasi bahari paling populer di Indonesia. Berikut sejumlah hal yang perlu diperhatikan agar aktivitas snorkeling atau diving B'timers tidak merusak ekosistem terumbu karang.

Wisata Bawah Laut, Selamatkan Terumbu Karang | Breaktime
Keindahan terumbu karang Indonesia menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal dan asing

Bagi pemula, latih kemampuan snorkeling di daerah yang jauh dari karang agar tidak merusak terumbu karang. Pastikan peralatan snorkeling terpasang sempurna sebelum melakukan aktivitas snorkeling karena penyesuaian yang dilakukan di dalam air dapat mempersulit dan merusak karang. Apabila ragu, gunakan pelampung (life jacket) dan ditemani oleh instruktur atau teman yang telah mahir snorkeling.

Jangan sekalipun menyentuh terumbu karang. Sentuhan atau kontak kecil dapat membahayakan terumbu karang dan B'timers sendiri. Beberapa jenis karang dapat menyengat atau melukai kulit manusia. Pertahankan jarak aman dengan terumbu karang, untuk menghindari kontak langsung. Pertahankan posisi tubuh secara horizontal saat berada dekat atau di atas terumbu karang.

Wisata Bawah Laut, Selamatkan Terumbu Karang | Breaktime
Snorkeling ditemani instruktur adalah cara terbaik bagi pemula

Pilih operator kapal yang menggunakan jangkar apung sebagai alat tambat. Jangkar konvensional dan rantai tak jarang merusak terumbu karang. Pastikan membawa kembali benda-benda yang dinaikkan ke atas kapal seperti sampah plastik dan botol.

Pilih resort, cottage, atau tour operator yang ramah lingkungan dan peduli pada konservasi energi, daur ulang, dan bertanggung jawab dalam pengolahan dan pembuangan sampah. Berikan biaya retribusi atau donasi saat berkunjung ke area taman terumbu karang untuk mendukung konservasi laut.

Berpartisipasi di kegiatan bersih laut, bersih pantai, atau kegiatan lokal untuk mengawasi lingkungan laut.Tak ada salahnya untuk menggali informasi tentang terumbu karang. Biota laut ini sangat menarik tapi juga sangat rapuh.

Wisata Bawah Laut, Selamatkan Terumbu Karang | Breaktime
Keindahan terumbu karang merupakan harta tak ternilai yang patut kita jaga

Jangan mengambil benda apa pun dari dasar laut, baik itu benda hidup atau mati dari air kecuali sampah yang tidak menjadi tempat tinggal organisme. Jangan menangkap, mengejar, menyentuh, atau memberi makan satwa laut apapun tanpa pengawasan ahlinya dan mengikuti peraturan setempat.

Dengan mengikuti panduan-panduan di atas, B'timers bisa menikmati keindahan taman bawah laut tanpa merusak biota yang ada di dalamnya. Kerjasama antara wisatawan, pelaku bisnis wisata, dan pemerintah setempat sangat berperan penting dalam menjaga ekosistem bawah laut. (za)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE