Wisata Bangkok Banyak Yang Tutup, Kenapa Ya? | Breaktime
Wisata Bangkok Banyak Yang Tutup, Kenapa Ya?
04.10.2017

Bagi B'timers yang merencanakan liburan ke Thailand -khususnya Bangkok di bulan Oktober mendatang, ada sejumlah hal penting yang harus diperhatikan. B'timers tentu masih ingat pada tanggal 13 Oktober 2016 lalu segenap rakyat Thailand berduka karena meninggalnya Raja Bhumibol. Kini hampir setahun berlalu, rakyat Thailand bersiap untuk melakukan upacara kremasi bagi mendiang Sang Raja.

Tanggal 13 Oktober yang merupakan hari wafatnya Raja Bhumibol telah ditetapkan sebagai hari libur nasional di Thailand. Tanggal kremasi yang akan digelar pada tanggal 26 Oktober 2017 juga menjadi hari libur nasional di Negeri Gajah Putih.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Mengenal Edelweis, Si Cantik Simbol Bunga Abadi

Saat hari libur nasional, fasilitas umum, transportasi, hotel, mall, dan tempat-tempat wisata tetap buka seperti biasa. Namun perbankan dan kantor pemerintahan -khususnya kedutaan besar dan imigrasi tutup. Khusus pada hari kremasi, diperkirakan lebih banyak toko dan mall yang tutup karena sebagian besar warga Thailand akan menyaksikan acara kenegaraan melalui saluran televisi nasional.

Wisata Bangkok Banyak Yang Tutup, Kenapa Ya? | Breaktime
Pada tanggal 26 Oktober rakyat Thailand akan melakukan upacara kremasi raja

Grand Palace dan Temple of the Emerald Buddha yang merupakan dua obyek wisata penting di Bangkok, dipastikan tutup untuk umum dan wisatawan mulai tanggal 1 sampai 29 Oktober 2017. Wisatawan bisa kembali berkunjung ke Grand Palace mulai tanggal 30 Oktober 2017.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
10 Fakta & Mitos Gunung Agung Yang Sedang Bergejolak

Wisatawan yang berkunjung ke Bangkok disarankan untuk memakai baju berwarna hitam atau pakaian tertutup untuk menghormati rakyat Thailand yang menantikan upacara kremasi Raja Bhumibol. Meski beberapa tempat ditutup untuk umum, wisatawan tak perlu khawatir karena transportasi umum seperti BTS Skytrain, BRT Bus, dan Chao Praya Express Boat tetap beroperasi seperti biasa. Semua jalur BTS Skytrain bahkan digratiskan sepanjang hari khusus pada tanggal 26 Oktober.
 

Pada tanggal 29 Oktober, akan digelar upacara kerajaan untuk memindahkan abu Raja Bhumibol yang telah dikremasi ke Wat Rajabopit dan Wat Bowon Niwet. Upacara ini terbatas untuk keluarga kerajaan dan undangan, wisatawan dan warga umum bisa menyaksikan dari kejauhan atau area tertentu.

Wisata Bangkok Banyak Yang Tutup, Kenapa Ya? | Breaktime
Salah satu tempat ibadah warga Buddha Thailand di Four Hand Buddha
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Diam-Diam, Gunung Rinjani Simpan 10 Hal Unik Ini!

Secara umum, rangkaian kegiatan kremasi Raja Bhumibol akan diselenggarakan dari tanggal 25 sampai 29 Oktober. Pada tanggal-tanggal tersebut sebaiknya wisatawan menghindari tempat-tempat upacara kerajaan karena banyak akses jalan ditutup.

Meski demikian, Bangkok adalah kota metropolitan yang sangat luas sehingga wisatawan tetap bisa melakukan aktivitasnya pada tanggal-tanggal tersebut. Tetap berpakaian sopan dan hormati warga lokal. Dengan beberapa informasi di atas, B'timers kini bisa mulai mempersiapkan liburan ke Bangkok di bulan Oktober mendatang dengan nyaman dan tenang.



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE