Wat Rong Khun, Kuil Buddha Eksotis Di Thailand | Breaktime
Wat Rong Khun, Kuil Buddha Eksotis Di Thailand
23.01.2017

Ketahuilah B’timers bahwa Thailand tidak hanya terkenal dengan wisata alam dan wisata kulinernya saja. Negeri Gajah Putih ini juga punya satu tempat wisata sejarah yang wajib banget untuk dikunjungi. Yup, Wat Rong Khun atau yang lebih dikenal dengan sebutan The White Temple. Letaknya berada di 15 km barat daya kota Chiang Rai.

Wat Rong Khun menjadi tempat wisata yang paling banyak dikunjungi di kota Chiang Rai. Yang membuatnya mampu menarik banyak pengunjung adalah desain dan bentuk dari The White Temple ini. Candi ini berwarna putih dan beberapa penggunaan potongan kaca yang membuatnya berkilauan di bawah sinar matahari.

Eits, jangan sedih kalau ternyata warna putih dan potongan kaca tersebut memiliki filosofi yang begitu dalam. Warna putih melambangkan kemurnian sang Buddha. Sedangkan kaca melambangkan kebijaksanaan sang Buddha dan Dhamma.

Wat Rong Khun, Kuil Buddha Eksotis Di Thailand | Breaktime
Wat Rong Khun yang jadi daya tarik utama wisatawan

Wat Rong Khun ini dirancang oleh seorang visual artist yang terkenal di Thailand, yaitu Chalermchai Kositpipat. Di dalam candi ini terdapat ruang untuk menyimpan relik Buddha, ruang meditasi, tempat tinggal biarawan, dan sebuah galeri seni. Bisa dibayangkan, kan betapa megahnya The White Temple ini.

Candi ini sempat mengalami perbaikan besar, karena pada 5 Mei 2014, Chiang Rai mengalami bencana gempa yang sangat kuat hingga menyebabkan kuil putih ini rusak parah. Selain memperbaiki bagian-bagian yang rusak, tempat wisata ini juga diperluas oleh Kositpipat.

The White Temple ini memiliki sejarah yang panjang sebelum akhirnya dibangun oleh Kositpipat dengan uangnya sendiri. Menjelang akhir abad ke-20, candi ini memiliki kondisi yang memprihatinkan karena sangat miskin pelestarian karena kekurangan dana. Sampai akhirnya Kositpipat memutuskan untuk membangun kembali kuil tersebut.

Selain mencerminkan Buddha dan ajarannya, kuil ini juga mencermintak visi surga, neraka, dan Nirvana. Kositpipat juga sukses membangun sebuah kuil dengan perpaduan sempurna antara citra tradisional dan modern. Interior muralnya juga menggabungkan adegan-adegan dari kehidupan Buddha dengan sci-fi, superhero dan bintang-bintang pop seperti Keanu Reeves, Elvis Presley, Michael Jackson, hingga Superman. 

Wat Rong Khun, Kuil Buddha Eksotis Di Thailand | Breaktime
Salah satu kuil di The White Temple

Untuk masuk ke kuil ini B’timers harus melewati jembatang yang mencerminkan jembatan di neraka menurut umat Buddha, yaitu sebuah jembatan yang berada di atas lautan setan dan tengkorak. Untuk melihat mural-mural yang unik dan terkenal berada di dalam kuil pusat dan justru kegiatan fotografi tidak diijinkan oleh pihak kuil.

Kalau Anda ingin mengunjungi kuil ini, buka sejak pukul 6 pagi sampai 5 sore. Selain itu, di sana juga Anda tak perlu bingung kepanasan atau kelaparan atau bahkan kehausan. Karena di sana tersedia toko-toko atau warung-warung kopi dan makanan. Dan juga terdapat toko-toko souvenir khas Thailand.

Untuk masuk ke The White Temple, Anda tidak akan dipungut biaya, B’timers. Asyik, kan? Anda bisa menikmati keindahan wisata religi sekaligus wisata sejarah yang punya keindahan dan keunikan luar biasa. Mulai sekarang rencanakan liburan Anda ke Thailand untuk mengunjungi tempat wisata yang satu ini. (vpd) 



artikel kompilasi
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE