Wali Pitu, Jejak Penyebaran Islam di Pulau Bali | Breaktime
Wali Pitu, Jejak Penyebaran Islam di Pulau Bali
29.06.2016

Tak hanya di Jawa, Islam ternyata juga tersebar di Pulau Dewata yang mayoritas penduduknya beragama Hindu. Ya, di Jawa B’timers tentu kenal dengan kisah Wali Songo, sementara kalau di Bali ada Wali Pitu, yakni tujuh wali yang sama-sama menyebarkan agama Islam.

Menurut Samsul Hadi, seorang juru kunci makam Syeh Abdul Qadar Mochammad, Syeh Abdul Qadar Mochammad terlahir dengan nama The Kwan Lie. Lebih lanjut, Samsul juga menjelaskan bahwa beliau adalah orang Tiongkok.

Konon, Syeh Abdul Qadar Mochammad memang bertujuan syiar agama Islam di Bali dengan datang ke sana. Menginjakkan kaki ke pesisir Bali, beliau menyebarkan Islam mulai dari Karangasem, Buleleng, hingga Jembrana.

Wali Pitu, Jejak Penyebaran Islam di Pulau Bali | Breaktime
Makam Syeh Abdul Qadar Mochammad di Bali

Namun, tak ada penjelasan kapan syiar Islam Syeh Abdul Qadar Mochammad di Bali dilakukan. Samsul sebagai juru kunci juga tak pernah mendengar cerita tentang hal syiar Islam beliau. Meski ada bukunya terbitan Rajawali dan Menara Madinnah menerbitkannya ulang, memang ada banyak versi, baik menurut orang setempat maupun menurut ulama yang berasal dari Sidoarjo.

Jika mendasarkan pada penuturan Samsul, Syeh Abdul Qadar Mochammad adalah pengawal dari Sunan Gunung Jati. Setelah sebelumnya menginjakkan kaki ke Palembang, akhirnya beliau pergi ke Cirebon untuk belajar lebih banyak tentang agama Islam, memperdalam ilmu dengan Sunan Gunung Jati.

Sementara, Wali Pitu yang berada di Bali adalah:

1. Pangeran Mas Sepuh alias Raden Amangkuningrat
2. Habib Umar Maulana Yusuf
3. Habib Ali Bin Abu Bakar Bin Umar Bin Abu Bakar Al Khamid
4. Habib Ali Bin Zaenal Abidin Al Idrus
5. Syeh Maulana yusuf Al Magribi
6. Syeh Abdul Qadar Mochammad
7. Habib Ali Bin Umar Bafaqih

Nah, B’timers yang belum pernah ke sana, tertarik untuk menjelajah makam Wali Pitu? (md)

Share This Article