Wah, Ternyata Ini 3 Kota Tertua di Indonesia | Breaktime
Wah, Ternyata Ini 3 Kota Tertua di Indonesia
03.10.2016

Indonesia mempunyai beberapa kota tua yang memberikan banyak pengetahuan sejarah dan juga menjadi andalan wisata di Indonesia. Banyak tempat bersejarah di Indonesia yang memiliki pemandangan unik dan indah sehingga menjadi tujuan banyak wisatawan baik lokal dan internasional. Berikut ini adalah beberapa kota tertua di Indonesia yang harus Anda kunjungi.

Palembang

Palembang adalah salah satu kota tertua di Indonesia. Kota tertua ini memiliki ciri khas yaitu Jembatan Ampera yang konon sudah ada sejak tahun 682 Masehi. Kota Palembang merupakan tempat lahirnya kerajaan Sriwijaya. Ternyata tak hanya menyandang predikat kota tertua di Indonesia, Kota Palembang juga diakui sebagai kota tertua di dunia. Hal ini dibuktikan dari sebuah prasasti Kedukan Bukit.

Wah, Ternyata Ini 3 Kota Tertua di Indonesia | Breaktime
Jembatan Ampera sebagai ikon Kota Palembang

Kediri

Kota Kediri sudah ada sejak tahun 879 masehi yang membuat kota ini mendapatkan urutan ketiga sebagai kota tertua di Indonesia. Ciri khas dari kota ini adalah Monumen Simpang Lima yang sangat mirip dengan Monumen Arc de Triomphe di Paris.

Wah, Ternyata Ini 3 Kota Tertua di Indonesia | Breaktime
Bangunan yang mirip dengan salah satu monumen di Paris

Magelang

Tempat candi Borobudur ini ternyata juga merupakan salah satu kota tertua di Indonesia. Kota sudah ada sejak tun 907 masehi. Hari jadi kota ini ditetapkan berdasarkan Peraturan Daerah Kota Magelang no 6 tahun 1989 yang jatuh pada tanggal 11 April 907 masehi. Untuk menetapkan hari jadi Kota Magelang ini Panitia Peneliti hari Jadi Kota Magelang bekerja sama dengan Universitas Tidar Magelang dengan bantuan pakar sejarah dan arkeolog Universitas Gajah Mada.

Wah, Ternyata Ini 3 Kota Tertua di Indonesia | Breaktime
Magelang salah satu kota tertua di Indonesia

Nah, itu tadi adalah 3 kota yang mendapatkan predikat kota tertua di Indonesia. Masih ada beberapa kota yang juga mendapatkan predikat yang sama karena pada dasarnya Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki banyak kota dan daerah.(naf)

Share This Article