Vihara Ekayana, Pagoda Megah di Pegunungan Tomohon | Breaktime
Vihara Ekayana, Pagoda Megah di Pegunungan Tomohon
01.05.2015

Pagoda Tomohon

Jalan-jalan ke Tomohon tak selalu identik dengan wisata kuliner ekstrim di Pasar Beriman atau trekking gunung Lokon dan Mahawu. Tomohon juga punya wihara agung bernama Pagoda Vihara Ekayana

Ya, Vihara Ekayana menjadi sebuah keunikan tersendiri di Tomohon yang mayoritas masyarakatnya memeluk Krisen. Vihara Ekayana berdiri indah di daerah perbukitan dengan latar belakang keindahan panorama Gunung Lokon, Gunung Mahawu, Kota Tomohon dan Manado, serta Danau Tondano.

( Baca juga: Pesona Pulau Seribu Lembah Di Bukit Wardining )

Vihara Ekayana, Pagoda Megah di Pegunungan Tomohon

Pagoda Vihara Ekayana terletak di Kelurahan Kakaskasen Dua, Kota Tomohon. Selain sebagai tempat ibadah umat Buddha yang tinggal di Tomohon, wihara ini juga merupakan salah satu ikon wisata Kota Tomohon.

Bentuk dan lokasi bangunan seolah menggambarkan bagaimana pagoda ini mampu menyatukan keselarasan alam dan lingkungan dengan sangat baik, serta melambangkan kerukunan antar umat beragama di Kota Tomohon dan Sulawesi Utara secara keseluruhan.

Vihara Ekayana, Pagoda Megah di Pegunungan Tomohon

Memasuki kompleks area Vihara Ekayana, kita akan "disambut" oleh 18 patung Lohan yang berderet dari pintu masuk hingga bangunan utama di area pagoda. Patung-patung berwarna emas ini menjadi simbol 18 pendosa yang kembali ke jalan lurus.

Kedelapan belas patung tersebut yaitu Nantimiloto, Angida, Pindola, Pantha The Elder, Asita, Nagasane, Pantha The Younger, Rahula, Gobaka, Nakula, Vanavasa, Fajraputra, Bodhidarma, Katikam Nadimitra, Kanaka The Bharadavaja, The Vatsa, dan Pindola The Bharadavaja.

Vihara Ekayana, Pagoda Megah di Pegunungan Tomohon

Bangunan utama sebagai tempat ibadah di area ini disebut dengan Istana Dewi Kwan Im, dimana pada altarnya terdapat patung Buddha dengan ukuran cukup besar. Pada bagian dalam yang merupakan tempat ibadah terdapat patung Dewi Kwan Im dengan ukuran lebih kecil.

Sedangkan bangunan tinggi menjulang yang menjadi ikon kompleks Vihara Ekayana adalah Pagoda Ekayana. Pagoda ini juga berfungsi sebagai tempat ibadah umat Buddha. Yang menarik, kita bisa naik ke lantai teratas pagoda untuk menyaksikan keindahan Gunung Lokon dan pemandangan sekitarnya dari lantai paling atas.

Vihara Ekayana, Pagoda Megah di Pegunungan Tomohon

Lebih masuk ke area Pagoda Ekayana bisa kita jumpai sebuah kolam dengan air mancur yang dipercaya mampu mendatangkan rejeki dan keberuntungan. Terdapat patung katak raksasa yang menyimbolkan keberuntungan.

Pada sisi kolam terdapat beberapa prasasti yang bertuliskan kebaikan duniawi, seperti panjang umur, pangkat, harta, keberuntungan, dan bahagia. Umat Buddha yang datang datang dan beribadah ke tempat ini biasanya juga melemparkan koin ke dalam kolam dan berdoa memanjatkan permohonan dan keberuntungan.

Vihara Ekayana, Pagoda Megah di Pegunungan Tomohon

Area tempat ibadah ini buka setiap hari dan setiap pengunjung tidak dikenakan tiket masuk, hanya diharapkan untuk memberikan donasi sukarela dan mengisi buku tamu. Tak akan rugi mengunjungi Vihara Ekayana karena selain menjadi kawasan ibadah, tempat ini juga menyajikan keindahan panorama pegunungan di sekitar kota Tomohon.

Share This Article