Uniknya Hidup Terapung Di Danau Inle Myanmar | Breaktime
Uniknya Hidup Terapung Di Danau Inle Myanmar
24.01.2017

Myanmar adalah salah satu negara yang masuk dalah kawasan Asia Tenggara. Banyak wisata populer di Myanmar, namun yang pasti para wisatawan tentu akan mengunjungi tempat-tempat umum di sana. Nah, kalau B’timers merupakan traveler yang anti-mainstream, Anda harus dan wajib mengunjungi Danau Inle. Ini adalah salah satu tempat wisata di Myanmar yang recommended banget.

Danau ini berada di Nyaungshwe, Distrik Taunggyi, Provinsi Shan. Danau air tawar yang sangat luas ini menawarkan keindahan dan keunikan yang tidak bisa Anda temui di belahan dunia lain. Banyak alasan yang akan meyakinkan Anda untuk pergi dan menikmati Danau Inle.

Kali ini Breaktime akan memberikan alasan mengapa Anda harus pergi ke Danau Inle ini saat berada di Myanmar. Pertama, di sana ada sebuah kehidupan di atas air. Bisa B’timers bayangkan? Yup, ada sebuah suku atau etnis yang mendiami Danau Inle. 

Uniknya Hidup Terapung Di Danau Inle Myanmar | Breaktime
Kampung nelayan di Danau Inle. (Photo by gulalives.co)

Ada sebuah kampung nelayan yang membangun rumah panggung di atas danau ini. Kampung nelayan ini dihuni oleh masyarakat suku Intha. Suku ini murni membangun sebuah perkampungan air. Tidak ada jalan trotoar dan polusi dari kendaraan bermotor. Lalu bagaiman cara berkomunikasi dengan tetangga? Yup, perahu menjadi satu-satunya transportasi di sana. Unik banget kan, B’timers?

Tak hanya itu, karena mata pencaharian utama dari masyarakat suku Intha adalah bercocok tanam, maka mereka pun mengembangkan ide bertanam yang unik, yaitu dengan membuat kebun terapung. Canggih banget, ya!

Masyarakat suku Intha membuat kebun ini dari rumput laut yang ada di dasar danau. Mereka membuat petak-petak lahan basah dari rumput-rumput tersebut dan disangga dengan batang bambu. Kalau Anda datang ke Danau Inle, Anda akan melihat kebun-kebun terapung yang cantik. Ini menjadi hal yang menakjubkan!

Uniknya Hidup Terapung Di Danau Inle Myanmar | Breaktime
Suku Intha membuat perkebunan terapung. (Photo by pixabay.com)

Meskipun mereka memiliki mata pencaharian utama, tetap saja mereka berlayar mencari ikan di sekitar danau. Ini pun jadi hal yang unik di sana. Mengapa? Bayangkan saja, B’timers para nelayan Intha memiliki cara mendayun perahu yang unik. Mereka mendayung perahu dengan hanya bertumpu pada satu kaki. Hal ini karena kaki yang satunya digunakan sebagai alat dayung. Tangan mereka difungsikan untuk memegang jala yang dilepaskan ke danau.

Danau Inle ini ditumbuhi dengan ganggang dan rumput laut, ketika mendayung seringkali dayung mereka tersangkut. Sebab itulah mereka menggunakan tenaga kaki untuk mendayung. Ini sudah dilakukan sejak jaman dahulu dan menjadi tradisi suku Intha.

Inle juga menyediakan hotel terapung untuk para pelancong yang menginginkan suasana seperti yang ada di Tahiti. Tetapi kalau B’timers tidak mendapatkan kamar kosong, Anda bisa menikmati makanan di restoran terapung di sana. Sama-sama asyiknya, lho B’timers.

Uniknya Hidup Terapung Di Danau Inle Myanmar | Breaktime
Nelayan Intha mendayung dengan menggunakan satu kaki. (Photo by agoda.com)

Anda bisa menjadikan rumah, kebun, hotel, dan restoran terapung tersebut menjadi spot foto yang keren. Eits, jangan sedih kalau bosan dengan pemandangan air, Anda juga bisa foto-foto di reruntuhan pagoda yang membentuk banyak sekali stupa.

Jadi bukan hanya Bagan yang punya tempat untuk melihat stupa, Danau Inle juga bisa jadi alternative selanjutnya. Stupa-stupa di Danau Inle ini sangat menakjubkan, B’timers. Bisa dijelajahi dan ambil spot yang paling keren menurut Anda.

Ketahuilah alasan terakhir mengapa Anda harus pergi ke Danau Inle. Ini karena danau Inle menjadi satu-satunya pusat tenun di Myanmar. Anda bisa melihat bagaimana proses tenun di Myanmar dan membeli hasil tenun terbaik di sana.

Seru banget, deh! Liburan Anda kali ini akan dimanjakan dengan suasana yang jarang atau bahkan tidak bisa ditemui di belahan dunia lain. So, mulai nabung deh B’timers untuk pergi ke Myanmar dan menikmati sejuta keunikan Danau Inle. (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE