Ulun Danu, Pura Eksotik di Tepi Danau Beratan | Breaktime
Ulun Danu, Pura Eksotik di Tepi Danau Beratan
05.05.2015

B'timers tentu sudah tak asing dengan foto sebuah pura Bali di tepi danau yang sering menjadi desktop wallpaper atau kartu pos. Ya, itulah Pura Ulun Danu Beratan atau yang lebih dikenal dengan nama Pura Ulun Danu di Danau Beratan, Bali.

Pura Ulun Danu Beratan berada di kawasan Gunung Batur, tepatnya di Kabupaten Tabanan. Latar belakang Gunung Batur dan dikelilingi Danau Beratan melengkapi keindahan pura yang terletak pada ketinggian 900 meter di atas permukaan laut ini.

Kawasan dataran tinggi Bedugul di lokasi ini memang dikenal memiliki udara sejuk, areal persawahan berundak, dan tiga danau besar, yaitu Beratan, Buyan, dan Tamblingan. Pada tiap danau terdapat sebuah pura, namun yang paling terkenal dan banyak dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara adalah pura di Danau Beratan.

Secara harfiah, Pura Ulun Danu berarti pura di atas danau yang didirikan sebagai tempat pemujaan umat Hindu Bali terhadap Sang Hyang Widhi dan dewa-dewa pemelihara danau. Air yang mengalir dari Danau Beratan merupakan sumber kesuburan bagi tiap petak sawah warga yang terhampar di lereng Gunung Batur.

Ulun Danu, Pura Eksotik di Tepi Danau Beratan

Pura Ulun Danu yang merupakan pura terbesar di Bali setelah Pura Besakih ini ramai dikunjungi pada periode bulan Agustus, Desember, menyambut Tahun Baru, hari-hari libur sekolah, serta hari-hari raya umat Hindu, seperti Galungan.

Berkunjung ke Pura Ulun Danu ini traveler sudah bisa merasakan keunikan pura dan suasana alam khas pegunungan sejak di area parkir. Dari pintu masuk, pengunjung akan melewati jalan setapak yang dihiasi bunga-bunga, hamparan rumput, serta pepohonan cemara yang menghijau. Terdapat beberapa bangunan pura kecil sebelum bangunan utama berupa pura di tengah danau.

Ulun Danu, Pura Eksotik di Tepi Danau Beratan

Untuk menikmati keindahan Danau Beratan, pengunjung bisa menyewa perahu tradisional atau perahu motor. Selain itu juga terdapat beberapa permainan air, parasailing, banana boat, serta jetski. 

Selain wisata budaya dan alam, kompleks Pura Ulun Danu juga bisa menjadi tempat belajar sejarah perkembangan ajaran Hindu di masa lalu, dimana terdapa artefak, sarkofagus, dan papan batu dari zaman pra sejarah, megalitik, hingga masa Kerajaan Mengwi.

Ulun Danu, Pura Eksotik di Tepi Danau Beratan

Pura Ulun Danu sangat cocok untuk wisata keluarga dan bisa dikunjungi setiap hari dari jam delapan pagi sampai enam sore. Namun bila area pura sedang berkabut, terutama saat sore, lokasi akan ditutup lebih cepat untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Karena itu, disarankan untuk mengunjungi pura ini pada pagi atau siang hari.

How to get there

Pura Ulun Danu terletak di kawasan Bedugul, sekitar 45 kilometer dari pusat kota Tabanan atau 55 kilometer dari Denpasar. Terdapat kendaraan umum dari Bangli menuju Singaraja yang melewati kawasan dengan lokasi di pinggir jalan raya ini, namun mayoritas wisatawan biasanya memakai jasa sewa mobil atau bis pariwisata. Warung makanan, restoran, pusat oleh-oleh, hingga penginapan juga banyak terdapat di sepanjang area kawasan Bedugul.

Share This Article