Liburan ke Sumba? Santai Sejenak di Pantai Kita | Breaktime
Traveling ke Sumba? Yuk, Santai Sejenak di Pantai Kita
04.01.2016

Pulau Sumba merupakan salah satu destinasi wisata yang mulai banyak dilirik traveler domestik pada tahun 2015, seiring dengan penayangan film Laskar Pelangi.
            Destinasi pantai, bukit, dan air terjun banyak terdapat di kawasan Sumba Timur dengan ibukota di Waingapu. Meski demikian, kawasan Sumba Barat dan Sumba Barat Daya pun masih memiliki sejumlah destinasi yang layak dikunjungi.
            Salah satu destinasi di Sumba Barat Daya adalah Pantai Kita yang terletak di kawasan Mananga Aba, bagian pesisir barat daya propinsi yang merupakan pemekaran dari Sumba Barat ini.
            Pantai Kita merupakan pantai landai dengan pasir putih yang halus, membentang dari barat ke timur sejauh kurang lebih 2 kilometer. Menurut Abe, driver lokal sekaligus guide saya di Sumba, asal usul nama "Pantai Kita" sangat sederhana, yaitu tempat berkumpulnya anak-anak muda setempat dan kemudian mereka menyebutnya sebagai "Pantai Kita".

Liburan ke Sumba? Santai Sejenak di Pantai Kita | Breaktime
Hamparan pasir putih yang halus dan deburan ombak di Pantai Kita

Di sisi bukit yang berjarak sekitar 100 meter dari pantai terdapat sejumlah bangunan resort yang mulai dibangun di kawasan ini. Di depan resort terdapat beberapa gazebo dari kayu untuk menikmati pemandangan pantai. Namun wisatawan masih bisa berjalan-jalan di area pantai dengan bebas dan gratis.
            Seperti halnya pantai-pantai lain di Sumba, Pantai Kita di Mananga Aba ini masih relatif bersih dan sepi. Belum banyak pengunjung yang datang ke pantai ini, dengan suasana pantai ibarat kawasan pribadi yang bisa  dinikmati sepanjang hari.
            Waktu terbaik untuk berkunjung ke pantai ini adalah saat pagi dan sore hari. Pantai Kita di Mananga Aba juga merupakan spot favorit wisatawan lokal untuk menikmati sunset.

Liburan ke Sumba? Santai Sejenak di Pantai Kita | Breaktime
Meski sudah ada hotel atau resort Pantai Kita masih bebas dikunjungi wisatawan

Akomodasi

            Sudah ada sejumlah resort mewah yang baru dibangun di sekitar Pantai Kita, namun wisatawan juga bisa menginap di Tambolaka dengan pilihan hotel atau penginapan yang lebih banyak dan harga lebih murah, di kisaran 250 sampai 350 ribu per malam.

Menuju Pantai Kita

            Pantai ini berjarak sekitar 30 kilometer dari Tambolaka, ibu kota Kabupaten Sumba Barat Daya. Tidak ada angkutan umum menuju pantai ini, wisatawan bisa sewa motor atau mobil dari hotel tempat menginap di Tambolaka.
            Untuk menuju Tambolaka, terdapat penerbangan setiap hari oleh maskapai Wings Air dan Garuda Indonesia dari Denpasar. Dari Bali atau Kupang, wisatawan juga bisa turun Waingapu di Sumba Timur, namun harus menempuh perjalanan darat sekitar enam jam ke Tambolaka.

Pantai Kita sangat layak menjadi destinasi wisata berikutnya untuk B’timers dan keluarga. (ZA)

Share This Article