Traveling ke Melaka? Sambut “No Plastic Bag Day” | Breaktime
Traveling ke Melaka? Sambut “No Plastic Bag Day”
23.02.2016

B'timers berencana traveling ke Melaka di kuartal awal tahun ini? Bersiaplah untuk membawa tas belanja sendiri karena mulai 1 Januari 2016 Melaka telah memberlakukan "No Plastic Bag Day".

Larangan penggunaan kantong plastik untuk belanja di Melaka berlaku di semua supermarket dan pusat perbelanjaan. Sebelumnya, larangan ini hanya berlaku pada hari Jumat dan Sabtu, namun resmi berlaku setiap hari mulai Jumat, 1 Januari 2016.

Menurut The Star Online, konsumen yang tidak membawa kantung belanja sendiri nantinya akan diberi kantung belanja ramah lingkungan yang telah disuplai ke supermarket dan pusat perbelanjaan.

Kebijakan ini merupakan inisiatif dari pemerintah negara bagian Malaysia tersebut untuk mengurangi polusi sampah plastik, pemborosan, dan sejalan dengan status Melaka sebagai Negara Bagian dengan "Green Technology".

Traveling ke Melaka? Sambut “No Plastic Bag Day” | Breaktime
Wisatawan memadati kawasan Gereja Merah, simbol wisata Melaka

Melaka merupakan salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan domestik dan internasional di Malaysia. Berjarak hanya dua jam perjalanan dari Kuala Lumpur, kota di pelabuhan ini memiliki beragam destinasi sejarah, seni, alam, dan kuliner.

Salah satu ikon wisata Melaka adalah Gereja Merah yang terletak di pusat keramaian Melaka, dikelilingi sejumlah tempat wisata seperti Jonker Walk, Dutch Square, dan Melaka River Cruise.

Getting There

Dengan kereta api, B’timers bisa berangkat dari Berjaya Square di Kuala Lumpur. Apabila naik bis, B’timers harus menuju Terminal Bersepadu Selatan sebelum naik bis menuju Melaka dengan lama perjalanan sekitar dua jam.

Dari Indonesia, terdapat penerbangan setiap hari menuju Kuala Lumpur. Kota-kota besar di Indonesia menyediakan penerbangan direct menuju ibukota Malaysia ini, seperti Medan, Jakarta, Surabaya, Denpasar, dan Lombok. (ZA)

Share This Article