Ke Manado, Jangan Lupa Cicipi 5 Sajian Ini | Breaktime
Traveling ke Manado, Jangan Lupa Cicipi 5 Sajian Ini
17.05.2016

Selain keindahan bawah laut Bunaken, traveling ke Manado kurang lengkap tanpa menikmati santapan kuliner khas ibu kota Sulawesi Utara.

Manado dan kota-kota di sekitarnya seperti Tomohon dan Minahasa memang terkenal memiliki kuliner khas yang menggoda selera B'timers.

Meskipun di beberapa tempat terkenal dengan kuliner esktremnya, kawasan Manado dan sekitarnya masih memiliki sejumlah kuliner halal nan lezat yang bisa dinikmati saat berkunjung ke kawasan ini.

Nasi Kuning Manado

Banyak daerah yang menyebut nasi kuning sebagai makanan khasnya, termasuk Manado. Salah satu yang wajib dicoba adalah Warung Nasi Kuning Saroja di Jalan Diponegoro. Di tempat ini nasi kuning disajikan dengan abon ikan cakalang, semur daging, kentang, keripik ubi, dan sebutir telur, lalu ditambahkan taburan bawang goreng.

Ke Manado, Jangan Lupa Cicipi 5 Sajian Ini | Breaktime
Nasi kuning khas Manado dengan sambal Cakalang

Tinutuan

Bubur khas Manado yang biasa disantap di pagi hari dan mengandung banyak sayuran seperti jagung, labu, bayam, kangkung, dan daun kemangi yang ditaburi bawang goreng. Menu ini paling nikmat disantap bersama sambal roa atau ikan roa asin goreng.

Ikan Woku Belanga

Sesuai namanya, menu ini dimasak dalam belanga. Jenis ikan yang digunakan biasanya bobara (kuwe), kakap, kerapu, dan tude. Kuahnya yang beraroma sedap berasal dari paduan jeruk nipis, daun jeruk, daun kemangi, daun kunyit, dan daun pandan muda. Bumbu halusnya terdiri dari cabai rawit, kemiri, kunyit, jahe, dan serai. Meski teksturnya kental, menu ini tidak menggunakan santan.

Ke Manado, Jangan Lupa Cicipi 5 Sajian Ini | Breaktime
Pisang Goroho, camilan wajib saat menikmati malam di sekitar Boulevard Manado

Gohu

Menu dengan paduan manis, pedas, dan asam ini merupakan irisan pepaya muda yang diiris tipis, lalu dicampur jahe, gula pasir atau gula merah, garam, asam jawa, terasi, cabai, dan cuka Manado. Gohu baru disajikan setelah disimpan di dalam kulkas sehari penuh agar rasa asam dari cuka meresap ke pepaya.

Pisang Goroho

Jenis pisang yang banyak tumbuh di Sulawesi Utara ini diolah dengan cara direbus, lalu disantap bersama ikan bakar dan sambal dabu-dabu. Alternatif lainnya adalah pisang yang masih mengkal dipotong-potong, digoreng, lalu dinikmati bersama sambal roa. (ZA)

Share This Article