Tonggak Ujung Nusantara di Monumen Kilometer Nol | Breaktime
Tonggak Ujung Nusantara di Monumen Kilometer Nol
25.07.2016

B’timers, apakah Anda hobi mengunjungi monumen-monumen yang tersebar di seantero negeri? Hm, merupakan langkah yang tepat jika Anda sempatkan waktu mampir ke Monumen Kilometer Nol ini. Selain berwisata, Anda juga akan mendapatkan citarasa historik yang tersimpan pada monumen khas pulau Merauke ini. Asyik!

Tonggak Ujung Nusantara di Monumen Kilometer Nol | Breaktime
Kapan lagi menjejakkan kaki di spot paling ujung negara Indonesia?

Monumen Kilometer Nol, simbol batas geografis negara Indonesia

Monumen yang satu ini terpancang dengan gagah di kota paling ujung timur Indonesia, yakni Pulau Merauke. Disini, Anda pun dapat  menikmati sensasi berada di ambang batas timur bumi nusantara tercinta kita. Menariknya lagi, monumen ini pada dasarnya memiliki ‘kembaran’ di kota paling ujung barat Indonesia, si Pulau Sabang. Pasalnya, kedua monumen ini memang merupakan penanda wilayah sekaligus penanda kenegaraan dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Selain itu, Anda pun akan dibuat haru dengan kehadiran prasasti yang menorehkan lirik lagu nasional ‘Satu Nusa Satu Bangsa’. Hm, dengan begini, pasti akan tumbuh rasa penuh bangga kita terhadap negeri Indonesia yang terkasih ini. Dijamin!

Tonggak Ujung Nusantara di Monumen Kilometer Nol | Breaktime
Gerbang menuju distrik Sota

Melenggangkan Tapak ke Monumen Kilometer Nol

Guna mengunjungi monumen yang diresmikan Desember 1994 ini, Anda harus berkendara ke Distrik Sota terlebih dahulu, B’timers. Kerennya lagi, Distrik Sota ini ternyata berbatasan dengan negara tetangga kita, Papua Nugini. Untuk bisa ke sana, Anda harus berkendara sekitar satu jam lamanya dari pusat kota Merauke. Sekalipun begitu, jangan khawatir. Niscaya, segala rasa penat yang Anda dapatkan selama menempuh perjalanan akan terbayar dengan kemegahan Monumen Kilometer Nol yang tiada duanya.

Nah, tunggu apa lagi B’timer’s? Ayo, catat Monumen Kilometer Nol sebagai destinasi wisata Anda selanjutnya! (kps/md)

Share This Article