Tiga Gili di Lombok, Mana yang Sesuai Karakter Traveling B’timers? | Breaktime
Tiga Gili di Lombok, Mana yang Sesuai Karakter Traveling B’timers?
18.02.2015

Pulau Lombok dianguerahi pantai-pantai eksotik dengan panorama alam dan pegunungan yang indah, serta puluhan pulau-pulau kecil alias gili yang tersebar di penjuru "Pulau Seribu Masjid" ini.
 
Dari puluhan gili tersebut, ada tiga gili yang paling terkenal dan menjadi tujuan utama wisatawan domestik maupun asing yang datang ke Lombok, yaitu Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air.
 
Akses yang mudah, pengembangan infrastruktur, fasilitas, prasarana, dan telekomunikasi yang terjangkau membuat kawasan tiga gili ini lebih menjadi daya tarik wisatawan sekaligus dinobatkan sebagai "Destinasi Pulau Termurah di ASEAN" versi Trip Advisor.
 
Gili Trawangan, Meno, dan Air menawarkan ciri khas dan keunikan tersendiri, entah itu bagi traveler yang suka party, suka keindahan bawah laut, sedang mencari lisensi diving, atau berencana bulan madu menikmati sunset Lombok yang romantis. Semua ada di tiga gili ini.
 
Nah, tipe traveler seperti apa yang cocok untuk Gili Trawangan, Meno, dan Air? Simak ulasan Breaktime berikut.

Gili Trawangan: Surga Backpacker dan Party Island

 
Tiga Gili di Lombok, Mana yang Sesuai Karakter Traveling B’timers?

Gili Trawangan merupakan pulau terluas di antara ketiga gili. Selain itu pulau ini juga merupakan yang paling ramai, paling pesat perkembangannya, dan paling lengkap fasilitasnya. Hampir semua ada di sini, kecuali kendaraan bermotor, dimana alat transportasi utamanya adalah sepeda dan cidomo (kereta yang ditarik kuda).
 
Di Gili Trawangan, tersedia penginapan dari kelas homestay hingga resort mewah di pinggir pantai dan tengah pulau. Di sepanjang jalan utama bisa Anda temui cafe-cafe yang mulai hidup dari sore, malam, hingga dini hari. Hampir tiap malam pengunjung larut dalam pesta dan event-event yang digelar bergantian di tiap cafe.

Tiga Gili di Lombok, Mana yang Sesuai Karakter Traveling B’timers?

Penggemar bawah laut bisa mengambil paket diving dan snorkeling dari Gili Trawangan, dengan spot terbaik ada di sekitar Gili Air dan Meno. Pecinta olahraga jogging dan bersepda bisa mengelilingi pulau ini melalui jogging track yang melewati sunset spot di sisi barat pulau. Sementara pusat kuliner seafood ada di Pasar Seni yang terletak sekitar 100 meter dari dermaga Gili Trawangan.
 
Bila B’timers merupakan tipe traveler yang suka party, liburan bersama keluarga, atau sekedar melepas penat, Gili Trawangan ideal untuk liburan satu hari atau menginap semalam di pulau ini.

 Gili Meno: Pulau Romantis

 
Tiga Gili di Lombok, Mana yang Sesuai Karakter Traveling B’timers?

Gili Meno merupakan pulau terkecil dan paling sepi, tapi memiliki pantai paling romantis di antara ketiga gili. Pantai landai berpasir putih, ombak yang tenang, dan suasana yang tak seramai Gili Trawangan membuat pulau ini menjadi lokasi terbaik bagi pasangan yang sedang honeymoon.
 
Selain paling romantis, Gili Meno juga memiliki panorama bawah laut yang menjadi incaran banyak diver dengan spot diving seperti Bounty, Sunken Pier, dan Meno Wall. Terdapat beberapa restoran di sisi timur pantai dengan akomodasi serta resort dan bungalow yang terbatas. Biasanya pengunjung datang untuk menikmati one-day trip ke pulau ini.


  
Gili Air: Campuran Dua Gili

 

Tiga Gili di Lombok, Mana yang Sesuai Karakter Traveling B’timers?

Gili Air adalah campuran dari kedua Gili lainnya, Trawangan dan Meno. Terdapat sejumlah restoran, cafe, penginapan, persewaan snorkeling, diving school seperti di Gili Trawangan, namun dengan suasana yang relatif sepi dan romantis seperti Gili Meno.
 
Kehidupan malam di Gili Air tak seramai di Gili Trawangan, tapi tetap meriah, terutama saat akhir pekan dan event bulanan full moon party. Pemandangan bawah laut Gili Air hampir sama dengan Gili Meno, di mana terdapat coral garden dan akan dengan mudah Anda temui clown fish alias Nemo. Kalau beruntung, B’timers juga akan bertemu dengan beberapa ekor penyu.
 
Gili Air ini cocok bagi traveler yang ingin menikmati suasana romantis ala Gili Meno, namun tetap cozy dan lively seperti halnya Gili Trawangan.


How To Get There


 Bandara Internasional Lombok sudah ramai dengan rute domestik dan internasional setiap hari, termasuk direct flight dari Jakarta, Bandung, Surabaya, bahkan Kuala Lumpur. Dari bandara menuju Pelabuhan Bangsal bisa diakses dengan Damri, taksi, atau mengambil paket tour yang banyak ditawarkan tour operator.
 
Terdapat public boat dari dari Pelabuhan Bangsal untuk menyeberang ke Gili Trawangan, Gili Meno, ataupun Gili Air. Public boat hanya melayani penyeberangan pagi hingga siang atau sore, tergantung cuaca. Bila tak ada public boat, anda harus menyewa kendaraan dari Bangsal atau Teluk Nare.
 
Selain dari Bandara Lombok, Pelabuhan Bangsal juga bisa diakses dari Pelabuhan Lembar yang merupakan pintu masuk jalur ferry dari Bali. Terdapat angkutan umum dan sewa dari Lembar menuju Bangsal untuk kemudian menyeberang ke Gili Trawangan atau dua gili yang lain.
 
Nah, B’timers, kira-kira Gili mana yang paling sesuai dengan gaya liburan Anda?

Share This Article