Tempat Wisata Edukasi Anak di Kawasan Jawa Timur | Breaktime
Tempat Wisata Edukasi Anak di Kawasan Jawa Timur
01.09.2017

Musim liburan tentu sangat tepat untuk digunakan berwisata bersama keluarga. Anda bisa mengajak keluarga untuk mengunjungi tempat rekreasi yang dipenuhi wahana permainan menyenangkan atau objek wisata alam nan menghibur. Alternatif destinasi wisata keluarga lainnya yang tak kalah menarik ialah tempat wisata edukasi anak. Tak usah jauh-jauh ke Jabodetabek atau Ibu Kota Jakarta, di Provinsi Jawa Timur sendiri telah tersedia banyak wisata edukasi yang tak kalah seru.

Belajar ilmu alam di Museum Zoologi Frater, Malang

Meski masih sepi pengunjung, museum alam yang satu ini menyimpan beragam koleksi unik yang dijamin akan menambah pengetahuan bagi buah hati dan Anda sekeluarga. Terletak di Jalan Karangwidoro, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, bangunan museum yang dari luar nampak sederhana rupanya menyimpan harta karun berupa lebih dari 12 ribu kerang yang diawetkan, selain juga reptil, burung, dan mamalia. Museum yang terletak di salah satu sedut tersembunyi di Kabupaten Malang ini diam-diam menyimpan koleksi biota laut terlengkap di Indoensia lho! Si kecil yang gemar mengoleksi kerang atau menghapal nama-nama ikan pasti akan tertarik mengunjungi museum yang satu ini.

Belajar bahasa Inggris di Kampung Inggris Pare

Siapa sih orangtua yang tak ingin anaknya fasih berbahasa asing, terutama bahasa Inggris? Daripada ikut kursus mahal, yuk ajak anak Anda mengunjungi Kampung Inggris di Pare. Dinamakan demikian karena di Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri ini terdapat sekitar 146 lembaga kursus bahasa Inggris yang menyediakan fasilitas belajar bahasa Inggris sambil menikmati suasana pedesaan yang masih asri. Uniknya, berbagai lembaga tersebut mneyediakan aneka rupa program kursus dengan jangka waktu yang ebrbeda-beda, mulai dari 1 bulan hingga 6 bulan sekalipun. Agar semakin seru, belajar bahasa Inggris di Kampung Inggris Pare tak hanya dilakukan di dalam suasana formal di kelas tapi juga informal di luar kelas dengan berbagai aktivitas menyenangkan.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Private Pool di Wisata Pantai Tapak Kera

Belajar mengenal budaya tradisional di Desa Adat Kemiren, Banyuwangi

Tempat Wisata Edukasi Anak di Kawasan Jawa Timur | Breaktime
Nikmati musik lesung khas Suku Osing, Banyuwangi

Belajar budaya tak hanya bisa dilakukan di bangku sekolah maupun melalui membaca buku saja lho, B’timers! Bawa anak-anak ke tempat wisata edukasi anak yang satu ini untuk menyaksikan langsung suasana Desa Adat Kemiren yang merupakan tempat berkumpulnya komunitas tradisional Suku Osing. Suku yang merupakan masyarakat asli Banyuwangi tersebut memang sengaja mendiami kawasan ini agar para pengunjung mampu meresapi kearifan lokal sambil mempelajari sejarah masyarakat Banyuwangi. Selain Sanggar Genjah Arum yang menyimpan berbagai artefak tradisional tempo dulu, Anda dan keluarga juga bisa memasuki 7 rumah adat Suku Osing dan mendapati berbagai tradisi budaya yang masih dilakukan para anggota Suku Osing hingga saat ini, seperti Tari Barong Kemiren, Upacara Ider Desa, dan othek atau musik lesung.

Belajar sejarah di House of Sampoerna, Surabaya

Kunjungi museum yang keren dan bergaya kolonial ini untuk mengetahui sejarah rokok di Indonesia dari masa ke masa. Industri rokok tentunya tak bisa dipisahkan dari sejarah masyarakat Indonesia sejak zaman penjajahan Belanda sekalipun. Di House of Sampoerna yang diprakarsai oleh salahs atu perusahaan rokok terbesar di Indonesia ini, Anda dan buah hati bisa menyaksikan proses pembuatan rokok langsung di pabriknya. Interior vintage yang menarik dipadukan dengan aroma khas tembakau dijamin akan membawa Anda ke masa lampau, tentunya dengan tarif masuk museum yang tidak dipungut biaya alias gratis.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
3 Obyek Wisata Pantai di Malang Paling Populer

Belajar sambil bermain di Agrowisata Bhakti Alam, Pasuruan

Terletak di lereng gunung Bromo, tepatnya di kota Pasuruan, tempat wisata edukasi anak ini tak hanya menawarkan aneka wahana permainan, tapi juga kelas belajar mengenal buah dan hewan. Saksikan keceriaan si kecil saat diajak mengenali dan memetik aneka buah, seperti durian, melon, dan buah naga hingga melakukan berbagai aktivitas outbond yang tak kalah seru.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tempat Wisata Anak di Bali Seru dan Edukatif

B’timers masih ragu mengajak buah hati dan keluarga untuk belajar sambil bermain di berbagai tempat wisata edukasi yang tersebar di penjuru Jawa Timur? (dee)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE