Tempat Kuliner Di Yogyakarta Ini Tak Lagi Manis | Breaktime
Tempat Kuliner Di Yogyakarta Ini Tak Lagi Manis
23.08.2017

Berbicara tentang Yogyakarta satu hal yang akan langsung terbersit adalah kuliner tradisionalnya. Yap, apalagi kalau bukan gudeg. Nama gudeg memang sudah tak asing lagi. Setiap pelancong yang datang ke Jogja pasti akan menyempatkan diri untuk mencicipi makanan yang satu ini. Tak heran jika ada banyak tempat kuliner di Yogyakarta yang menjual gudeg. Semua orang sudah tahu kalau gudeg berasal dari Jogja, tapi apakah B’timers tahu kalau gudeg memiliki sejarah panjang sebelum sampai di titik kepopulerannya saat ini.

Gudeg sudah ada sejak dibangunnya kerajaan Mataram Islam di alas Mentaok yang berada di Kotagede. Tepatnya pada sekitar tahun 1500an. Pada saat itu, banyak pepohonan yang ditebang, di antaranya pohon nangka, kelapa, dan tangkil atau melinjo. Lalu apa hubungannya gudeg dengan pembangunan kerajaan Mataram?

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
3 Wisata Kuliner Enak Khas Surabaya Malam Hari

Tak lain dan tak bukan karena banyaknya buah nangka muda, kelapa, dan daun tangkil yang membuat orang-orang terpaksa mengolah bahan-bahan tersebut sebagai makanan untuk memenuhi makan para pekerja. Bahkan untuk mengaduknya pun harus menggunakan alat yang menyerupai dengan dayung perahu atau disebut dengan hangudek/hangudeg. Dari situlah nama gudeg diambil.

Meski sangat populer, gudeg harus melalui proses memasak yang cukup lama. Di abad 19 saja sangat jarang orang yang menjual makanan ini karena keistimewaannya. Selain waktu memasak yang lama, gudeg pada zaman dulu juga sering dijadikan sebagai makanan nadzar atau wujud rasa syukur.

Namun, sekarang ini foodies tak akan lagi kesusahan jika ingin makan gudeg. Bahkan tak hanya ada di Yogyakarta, gudeg juga banyak dijual di kota lain. Meski begitu cita rasanya jelas akan sangat berbeda. Tapi, kalau ke Jogja jangan hanya mencicipi gudegnya saja. Jogja ternyata salah satu kota yang punya banyak tempat kuliner terbaik.

Tempat kuliner di Yogyakarta bisa Anda temui di berbagai sudut. Tak hanya punya kuliner yang manis, ada beberapa spot makanan pedas yang ngangenin. Apa saja ya kira-kira?

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ke Lombok? Cicipi 5 Kuliner Khas Sasak Ini

Oseng-oseng Mercon

Tempat Kuliner Di Yogyakarta Ini Tak Lagi Manis | Breaktime
Oseng-oseng mercon pedasnya bikin nagih (jajanjogja.com)

Jenis masakan pedas yang satu ini juga sedang naik daun di kalangan wisatawan, khususnya pada food lovers. Lokasinya ada di dekat SPBU Sagan, Yogyakarta. Isinya adalah tetelan yang kemudian dilumuri dengan sambal. Membayangkannya saja pasti bikin ketagihan.

Ayam Geprek Bu Rum

Kreasi ayam geprek juga sedang digandrungi para pecinta kuliner Indonesia. Kalau di Jogja ada namanya Ayam Geprek Bu Rum yang berada di daerah Papringan. Ayam geprek adalah olahan ayam yang digoreng, kemudian diulek dengan sambal bawang. Rasanya yang gurih dan pedas benar-benar bikin nggak kuat iman.

Sate Petir Pak Nano

Nah, kalau yang ini berada di Jalan Ring Road Selatan No. 90. Kalau dilihat dari penampilannya, olahan sate ini sangat menggoda karena dilumuri oleh sambal. Pedasnya? Jangan ditanya lagi, pasti nggak akan bisa berhenti.

Gudeg Bu Tinah

Terbukti bahwa tidak semua gudeg manis. Gudeg Bu Tinah yang ada di Jalan Asem Gede, Kranggan adalah salah satu yang menyediakan gudeg dengan cita rasa pedas. Bisa dibayangkan sensasi makan gudeg yang satu ini pasti seru. Lokasinya pun nggak jauh-jauh dari pusat kota Jogja.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Plesir Ke Negara Ini, Banya Kuliner Berbuka!

Angkringan Jentik

Tempat Kuliner Di Yogyakarta Ini Tak Lagi Manis | Breaktime
Nasi pelangi di Angkringan Jentik (qraved.com)

Angkringan juga jadi salah satu tempat kuliner yang banyak ditemui di Jogja. Kalau biasanya angkringan menyediakan nasi kucing, yang satu ini punya sambel yang pedasnya menggelegar di lidah. Uniknya lagi, makanan-makanan di sini disajikan dengan nasi yang bentuknya lebih mirip rainbow cake. Penasaran, kan? Kalau ke Jogja jangan lupa mampir, deh.

Nah, itu tadi sedikit ulasan tentang gudeg dan beberapa rekomendasi tempat kuliner di Yogyakarta yang cocok banget untuk para pecinta masakan pedas. (vpd)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE