Tanah Lot, Landmark Wisata Terpopuler Indonesia | Breaktime
Tanah Lot, Landmark Wisata Terpopuler di Indonesia
21.05.2016

Indonesia memiliki ribuan pulau dan ratusan destinasi wisata yang menjadi daya tarik wisatawan domestik maupun mancanegara. Dari sekian banyak tempat menarik tersebut, mana saja yang paling terkenal di kalangan turis?

Bali ternyata masih menjadi destinasi wisata paling populer dengan beberapa tempat ikonik seperti Tanah Lot dan Pura Uluwatu.

Tanah Lot bahkan berada di urutan teratas pada survey "Top 10 man-made landmarks in Indonesia" versi situs perjalanan terkenal dunia, Trip Advisor.

Tanah Lot, Landmark Wisata Terpopuler Indonesia | Breaktime
Pada saat tertentu, Tanah Lot sangat ramai pengunjung dan umat Hindu Bali

Tak hanya keindahan pura yang menjadi ciri khas Bali, Pulau Dewata juga "menyumbang" satu lokasi bawah laut, yaitu Tulamben. Kawasan di bagian timur Bali ini memang terkenal di kalangan penyelam asing dengan keberadaan USS Liberty Shipwreck.

Selain Bali, beberapa destinasi lain yang masuk dalam daftar sepuluh besar Trip Advisor adalah Candi Borobudur dan Candi Prambanan di Jawa Tengah dan Masjid Raya Baiturahman di Aceh.

Tanah Lot, Landmark Wisata Terpopuler Indonesia | Breaktime
Selain Bali, Jawa Tengah juga memiliki beberapa landmark wisata budaya Indonesia

Berikut daftar "Top 10 man-made landmarks in Indonesia" versi Trip Advisor.

 1. Pura Tanah Lot, Tabanan, Bali
 2. Candi Borobudur Temple, Magelang, Jawa Tengah
 3. Candi Prambanan, Yogyakarta
 4. Pura Uluwatu, Uluwatu, Bali
 5. Tirta Gangga, Karangasem, Bali
 6. USS Liberty Shipwreck, Tulamben, Bali
 7. Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh
 8. Pura Tirta Empul, Gianyar, Bali
 9. Pertapaan Karmel OCD, Bandung
 10. Pura Lempuyang, Bali

Selain Indonesia, Trip Advisor juga merilis daftar serupa untuk kategori dunia. Piramida Machu Picchu di Peru berada di peringkat teratas disusul oleh Masjid Besar Sheikh Zayed di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, dan Angkor Wat di Kamboja.

Direktur komunikasi Trip Advisor Asia Pasifik, Janice Lee Fang, mengatakan bahwa penghargaan 'The Travelers Choice Landmarks' ini menyoroti beberapa destinasi dunia yang paling ikonik, berupa atraksi atau bangunan buatan manusia yang dipilih oleh komunitas Trip Advisor di seluruh dunia.

Trip Advisor menggunakan algoritma yang memperhitungkan kuantitas dan kualitas ulasan serta peringkat untuk hotel, restoran dan atraksi di seluruh dunia selama 12 bulan, serta pemesanan paket wisata ke destinasi-destinasi yang masuk dalam daftar sepuluh besar. (ZA)

Share This Article