Taman Nasional Teluk Cendrawasih,Tempat Eksotis | Breaktime
Taman Nasional Teluk Cendrawasih, Destinasi Eksotis
28.06.2016

Wilayah Indonesia bagian timur memiliki kekayaan alam yang sangat luar biasa. Keindahannya sudah diakui oleh wisatawan mancanegara, lho, B’timers. Nah, salah satu destinasi yang terkenal di Indonesia timur adalah Papua dengan Raja Empat-nya. Namun kali ini Breaktime akan menyajikan destinasi lain di Papua yang tak kalah menakjubkannya. Adalah Taman Nasional Teluk Cendrawasih, B’timers.

Taman Nasional Teluk Cendrawasih,Tempat Eksotis | Breaktime
Terumbu karang dengan ikan-ikan yang tinggal di dalamnya

Inilah taman nasional paling luas di Indonesia

Terletak di Kabupaten Wondama dan Kabupaten Nabire, taman nasional dengan luas 1.453.500 hektar ini sebagian besarnya berupa perairan, B’timers.  Dijadikan salah satu kawasan konservasi laut terbesar di Indonesia, Teluk Cendrawasih memiliki ekosistem laut yang sangat kaya, lho. Terdapat berbagai jenis hewan laut, terumbu karang, hutan mangrove dan hutan tropis.

Nikmati keindahan dunia bawah laut yang begitu menakjubkan dengan menyelam ke dasar laut yang tak terlalu dalam. Selain itu, ada juga beberapa pulau kecil di sekitar taman nasional yang bisa Anda jelajahi dan mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan. Anda bisa memilih Pulau Mioswaar, Pulau Yoop atau Pulau Numfor yang terbuka untuk wisatawan yang ingin menikmati keindahannya.

Taman Nasional Teluk Cendrawasih,Tempat Eksotis | Breaktime
Berani nggak nih, berenang bersama hiu paus, B’timers?

Keindahan gua alam peninggalan zaman prasejarah

Jangan lupa sempatkan diri untuk mampir ke Pulau Mioswaar. Di sini Anda bisa melakukan penyusuran gua alam peninggalan zaman purba. Terdapat sumber air panas yang mengandung belerang tanpa kadar garam sedikitpun. Anda akan menemukan kerangka leluhur etnis Wandau. Diperkirakan mereka adalah manusia pertama yang datang ke pulau ini, B’timers.

Selain itu, di Pulau Numfor juga ada gua yang terdapat tengkorak manusia serta piring-piring antic serta peti-peti berukir. Namun, jika Anda mengharapkan sesuatu pengalaman yang benar-benar berbeda, ada Tanjung Mangguar. Di Tanjung Mangguar terdapat gua dalam air yang memiliki kedalaman hingga 100 kaki, B’timers. Hmm, siapapun akan kagum di sini.

Tak ketinggalan Pulau Rumberpon yang juga ikut menawarkan berbagai pengalaman menarik. Di sini kita bisa melakukan pengamatan terhadap burung, melihat penangkaran rusa, melakukan wisata bahari dan menyaksikan kerangka pesawat tempur Jepang yang tenggelam saat Perang Dunia II. Liburan sambil sedikit belajar sejarah juga akan sangat menyenangkan.

Kapan, nih, Anda ke Taman Nasional Teluk Cendrawasih, B’timers? (NO)

Share This Article