Taman Nasional Gunung Palung Surga di Kalimantan | Breaktime
Taman Nasional Gunung Palung, Surga di Kalimantan
27.07.2016

Destinasi wisata di Kalimantan yang mana yang membuat Anda sangat ingin mengunjunginya, B’timers? Untuk kali ini Breaktime merekomendasikan Taman Nasional Gunung Palung, yang lebih dikenal sebagai surganya kekayaan hayati yang ada di Kalimantan. Taman nasional ini terletak di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat ini menjadi satu taman nasional paling kaya yang ada di Indonesia, lho, B’timers.

Taman Nasional Gunung Palung Surga di Kalimantan | Breaktime
Salah satu penghuni Gunung Palung

Keunikan Taman Nasional Gunung Palung

Dengan luas yang mencapai sekitar 90.000 hektar, taman nasional yang ada di Kalimantan ini menjadi salah satu kawasan pelestarian alam dengan keanekaragaman hayati bernilai tinggi. Bagaimana tidak, mulai dari hutan mangrove, hutan rawa,rawa gambut,  hutan rawa air tawar, hutan pamah tropika hingga hutan pegunungan ada di sini. Yang membanggakan, Taman Nasional Gunung Palung menjadi satu-satunya kawasan hutan tropika terbaik dan terluas di Kalimantan.

Taman Nasional Gunung Palung Surga di Kalimantan | Breaktime
Coba temukan anggrek unik yang hanya mekar 6 hari

Menawarkan berbagai tanaman unik

Sekitar 65 % kawasan masih berupa hutan primer yang jauh dari sentuh tangan manusia. Itulah alasan kenapa Anda sangat wajib mengunjungi destinasi ini, B’timers. Hanya di Taman Nasional Gunung Palung Anda akan menemukan berbagai komunitas tumbuhan dan satwa liar. Satu tumbuhan unik yang ada di taman nasional adalah anggrek hitam, yang hanya mekar antara 5 hingga 6 hari saja.

Dan tak hanya itu, karena tercatat di kawasan taman nasional ada sekitar 190 jenis burung dan 35 jenis mamalia berbeda, lho, B’timers. Selain berkeliling di kawasan hutan nan indah dan menawan, ada juga destinasi yang bisa Anda kunjungi, kok. Sebut saja Pantai Pulau Datok dan Bukit Lubang Tedong. Untuk Anda yang suka berenang, jangan lewatkan menikmati sensasi berenang di kawasan Gunung Palung.

Siap menemukan petualangan berbeda di Taman Nasional Gunung Palung, B’timers? (NO)

Share This Article