Taman Nasional Blue Mountains di New South Wales | Breaktime

ARTIKEL TRAVEL

Barry Kusuma

"Travel and Photography" Inspiring Photos & Video through the Lens.

Taman Nasional Blue Mountains di New South Wales
10.10.2016

Blue Mountains adalah salah satu bucket list traveling saya, Taman Nasional ini konon punya ratusan spot terbaik untuk memotret keindahan alam Blue Mountain Australia. Dan ketika saya datang ke sini, ternyata bukan isapan jempol dan benar adanya tempat ini sangat indah.

Untuk menuju ke Blue Mountains B’timers bisa mengendarai mobil selama 2 jam perjalanan ke arah barat dari kota Sydney. Lebih nyaman kalau B’timers menyewa mobil sendiri, karena di sini banyak sekali terdapat spot indah yang tidak dilalui oleh kendaraan bus umum. Selain mobil, ke sini juga bisa menggunakan kereta selama 2 jam ke kota Katomba dan melanjutkan dengan bis wisata Blue Mountain.

Taman Nasional Blue Mountains di New South Wales | Breaktime
Awan berarak di langit biru cerah

Taman Nasional Blue Mountains adalah salah satu landscape yang sangat indah di Australia. Sebuah wilayah yang sepuluh kali lebih tua daripada Grand Canyon, wilayah Greater Blue Mountains termasuk dalam daftar Warisan Dunia pada tahun 2000, sebagai pengakuan pentingnya dalam segi geografis dan budaya.

Sejarah nama Blue Mountains

Meski gunung di sini tidak berwarna biru, ternyata jika pagi hari, mineral dari tanaman eucalyptus yang banyak terdapat di sini bercampur dengan sinar matahari, membuat kawasan lembah dan pegunungan di sini menjadi terlihat lebih biru.

Blue Mountains terbentang seluas 247.000 hektar, Taman Nasional ini terbentuk dari lembah berkabut biru, susunan bebatuan pasir yang indah, hutan hujan dan air terjun. Taman Nasional Blue Mountains juga jadi rumah bagi lebih dari seratus spesies tanaman eukaliptus, ratusan spesies burung, lusinan spesies reptil dan amfibi, dan tanaman langka dan purba yang tak terhitung jumlahnya.

Taman Nasional Blue Mountains di New South Wales | Breaktime
Lembah dan pegunungan yang fantastis

Wilayahnya memiliki kekayaan masa lalu kolonial dan suku Aborigin, karena jika melihat batu-batu besar yang ada di sini, pasti ada jejak ukiran suku Aborigin. Dan, taman ini merupakan bagian dari negara tradisional suku Aborigin termasuk Daruk, Gundungurra, Wiradjuri dan Dharwal. Taman ini juga memiliki beberapa kota dan desa terindah di Australia.

Aktivitas seru di Blue Mountains

Pengunjung datang dari berbagai penjuru dunia dan Australia untuk menikmati keajaiban alam Blue Mountains. Mulai dari berjalan kaki menembus semak belukar dan berkemah hingga kegiatan bertualang dan menikmati pemandangan, kunjungan ke Blue Mountains tidak akan mudah dilupakan.

Buatlah jantung Anda berdegup kencang dengan mengikuti banyak sekali kegiatan bertualang di Taman Nasional Blue Mountains. Naiklah kendaraan 4WD, berkuda, bersepeda gunung, susur ngarai, susur gua, abseiling, panjat tebing, atau berkano. Jika anda percaya diri, berangkatlah seorang diri, jika tidak, ikuti rombongan tur.

Taman Nasional Blue Mountains di New South Wales | Breaktime
Keindahan nan menakjubkan

Jika kegiatan bertualang penuh adrenalin bukan kesukaan anda, ada banyak tempat piknik dan barbeque yang menarik di penjuru Taman Nasional ini. Anda dapat menjumpai berbagai danau dan kolam untuk berenang, dengan berbagai macam keajaiban lain, yang menunggu untuk ditemukan.

Scenic World di Katoomba menarik banyak sekali pengunjung ke tempat ini. Dengan menggunakan kereta rel, kereta gantung, dan jalan setapak, ada bermacam cara untuk menikmati pemandangan di Blue Mountains. Dengan layar setinggi enam lantai, bioskop Maxvision Edge Cinema di Katoomba adalah cara lain melihat Taman Nasional dan kegiatan rekreasi di wilayah Blue Mountains.

Taman Nasional Blue Mountains memiliki lebih dari 140 km jalur dan jalan setapak. Para pengunjung dapat memilih dari banyak sekali jalan dengan penunjuk arah termasuk pula jalan kaki menempuh satu hari atau setengah hari perjalanan, jalur untuk malam hari dan mendaki di alam liar. Jalur jalan kaki yang terkenal adalah Six Foot Track, dinding Kanangra Walls menuju Katoomba, puncak National Pass, jalur Grand Canyon Walk, hutan Blue Gum Forest dan jalur api Anderson Fire Trail.

Taman Nasional Blue Mountains di New South Wales | Breaktime
Teriknya matahari menyinari perbukitan

Tidak ada yang lebih baik untuk mendekat dengan alam selain tidur di alam. Berkemah adalah cara yang murah untuk melihat sisi terbaik Blue Mountains. Para pengunjung diharapkan membawa air dan kayu bakar sendiri, karena mengambil kayu bakar di Taman Nasional Blue Mountains dilarang. Kebanyakan bumi perkemahan memiliki kamar kecil, namun periksalah fasilitas yang ada sebelum Anda datang. Perlu diingat bahwa beberapa bumi perkemahan hanya dapat diakses kendaraan 4WD.

Terdapat ratusan gardu pandang di penjuru Taman Nasional Blue Mountains, masing-masing menawarkan sudut pandang berbeda untuk melihat keajaiban alam yang mempesona ini. Yang menarik adalah gardu pandang Evans di Blackheath yang menawarkan pemandangan fantastis anak sungai Govetts yang mengalir melalui lembah Grose. 

Taman Nasional Blue Mountains di New South Wales | Breaktime
Berpose santai dengan mobil di jalan setapak

Di bagian selatan air terjun Wentworth di Taman Nasional Blue Mountains ada gardu pandang Breakfast Point yang menawarkan pemandangan menakjubkan sepanjang dataran tinggi Kings Tableland, Inspiration Point dan Sublime Point. (bk)

Share This Article