Taka Makasar, Pulau Pasir Timbul Unik di Flores | Breaktime
Taka Makasar, Pulau Pasir Timbul Unik di Flores
19.08.2016

Taman Nasional Komodo di provinsi Nusa Tenggara Timur terkenal dengan keindahan pulau-pulau seperti Gili Laba, Gili Padar, serta dua pulau yang menjadi habitat satwa langka Komodo itu sendiri, Pulau Rinca dan Pulau Komodo.

Selain itu masih ada pantai dengan pasir berwarna merah muda di Pink Beach, Manta Point bagi mereka yang ingin diving dengan spesies laut berukuran lebar ini, serta pulau ubur-ubur yang dipenuhi hewan laut berbentuk payung yang tidak menyengat.

Tapi bagi B'timers yang hobi snorkeling atau sekedar menikmati pantai berpasir putih, satu tempat yang pantang untuk dilewatkan di kawasan Taman Nasional Komodo adalah Taka Makassar.

Taka Makassar merupakan sebuah gugusan yang terdiri dari beberapa pulau dengan ukuran kecil, beberapa di antaranya lebih kecil dari lapangan sepak bola dan bersifat "pasir timbul", yaitu hanya muncul saat air laut surut.

Taka Makasar, Pulau Pasir Timbul Unik di Flores | Breaktime
Beach hopping di pulau-pulau pasir timbul Taka Makasar, Taman Nasional Komodo

Lokasi ini bisa ditempuh sekitar 30 menit penyeberangan dengan perahu motor dari kawasan Manta Point. Karena bersifat pulau pasir timbul, beberapa pulau di Taka Makassar hanya bisa dikunjungi saat air laut surut.

Selain itu, beberapa kapal besar harus bersandar cukup jauh dari lokasi pantai untuk mencegah karam karena air laut yang begitu dangkal. Tapi B'timers jangan khawatir karena hampir semua kapal Sail Komodo kini sudah memiliki sampan motor kecil yang bisa membawa wisatawan menuju pulau berpantai dangkal.

Taka Makasar, Pulau Pasir Timbul Unik di Flores | Breaktime
Bening dan birunya air laut di perairan Taka Makassar

Aktivitas yang bisa dilakukan saat menginjakkan kaki di pulau-pulau pasir timbul Taka Makassar ini adalah snorkeling, free diving, dan beach hopping. Saat air laut surut, terdapat pantai yang menjorok ke lautan dan bisa menjadi tempat bermain atau berfoto.

Lokasi lain di Taka Makassar terdapat sebuah kolam pada pulau karang yang dihuni ribuan ubur-ubur. Wisatawan bisa berenang di kolam alami ini dan berfoto dengan ubur-ubur, namun harus tetap waspada dan menjaga jarak karena meskipun tampak tidak menyerang manusia, namun beberapa jenis ubur-ubur memiliki racun yang berbahaya.

Beningnya perairan di sekitar Taka Makassar juga tampak dari atas perahu, sehingga apabila B'timers sedang tidak mood untuk berenang atau snorkeling, cukup mengabadikan keindahan laut dan pantai di sekitar pulau ini dari atas perahu Sail Komodo.

Bagaimana, tertarik untuk menikmati keindahan Taka Makassar, salah satu surga tropis Nusantara di provinsi Nusa Tenggara Timur. (za)

Share This Article