Tak Lama Lagi Ada Yang Baru Dari Bromo, Apa Ya? | Breaktime
Tak Lama Lagi Ada Yang Baru Dari Bromo, Apa Ya?
11.02.2017

Terobosan baru segera diterapkan oleh pengelola destinasi wisata Gunung Bromo di Jawa Timur dengan rencana sistem online booking.

Untuk meningkatkan fasilitas kunjungan wisata ke kawasan Gunung Bromo, pihak Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) akan memberlakukan sistem pemesanan (booking) tiket secara online. Penerapan sistem ini melengkapi sistem booking online yang sebelumnya sudah dilakukan untuk pendakian Gunung Semeru.
Meskipun nantinya diberlakukan sistem booking online, wisatawan masih tetap bisa berkunjung ke Bromo dengan sistem manual. Sistem booking online di Bromo merupakan penyempurnaan dari sistem serupa di Semeru.

Sejumlah fasilitas juga akan dibangun untuk menunjang pariwisata di kawasan Bromo, seperti bank toilet di kawasan Bukit Teletubies, koneksi CCTV, dan pembangunan Desa Wisata Edelweis. Pembangunan ini diharapkan bisa meningkatkan kenyamanan dan menambah daya tarik wisatawan berkunjung ke Bromo.

Tak Lama Lagi Ada Yang Baru Dari Bromo, Apa Ya? | Breaktime
Wisatawan menikmati panorama Gunung Batok dari sekitar Penanjakan

Sepanjang tahun 2016 lalu, kawasan Bromo menghasilkan total Rp 18 miliar dari kunjungan wisatawan. Untuk tahun 2017 ini, pendapatan ditargetkan mencapai Rp 20 Miliar. Pembangunan fasilitas merupakan salah satu upaya untuk mencapai target tersebut.

Gunung Bromo merupakan salah satu primadona wisata dunia yang tidak pernah sepi pengunjung. Setiap tahun, kunjungan wisatawan domestik maupun internasional di kawasan ini terus meningkat, bahkan meskipun tempat ini beberapa kali dilanda erupsi.
Tahun lalu (2016), jumlah wisatawan yang mengunjungi Gunung Bromo sebanyak 480.000 orang, lebih tinggi dari kunjungan pada tahun 2015 yang berjumlah 470.000 orang.

Tak Lama Lagi Ada Yang Baru Dari Bromo, Apa Ya? | Breaktime
Gunung Bromo termasuk destinasi alam dengan jumlah wisatawan terbanyak di JawaTimur

Dalam sekali kunjungan ke Bromo, wisatawan bisa menikmati sejumlah destinasi dan atraksi menarik, mulai dari pemandangan sunrise di Penanjakan atau Bukit Cinta, kemudian berfoto dengan landscape Bukit Teletubbies, merasakan sensasi berada di tengah lautan pasir, serta berkuda dan mendaki ke Kawah Bromo.

Gunung Bromo bisa ditempuh sekitar tiga jam perjalanan dari Surabaya atau dua jam perjalanan dari Malang. Umumnya wisatawan berangkat pada dini hari agar bisa mendapatkan sensasi pemandangan sunrise di Bromo. (za)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE