Surga Indonesia, Air Biru Danau Cilembang | Breaktime
Surga Indonesia, Air Biru Danau Cilembang
20.08.2017

Hal yang menarik dari media sosial adalah mem-viral-kan suatu peristiwa atau tempat yang menarik. Positifnya, pariwisata juga terbantu dengan tren ini. Kalau dulu hanya dari mulut ke mulut dan dipromosikan secara terbatas, kini dengan adanya media sosial, orang-orang bisa menemukan tempat wisata baru dan beritanya akan menyebar luas dengan sendirinya.

Salah satu tempat wisata yang terkena ‘imbas’ media sosial adalah Danau Cilembang yang terletak di kota Sumedang. Bahkan, pesona danau ini disejajarkan dengan Labuan Cermin yang ada di Kalimantan Timur.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tempat Rekreasi Keluarga Terbaik di Jabodetabek

Keindahan Danau Cilembang terletak pada airnya yang jernih dan biru seperti blue diamond. Warna biru tersebut berasal dari releksi warna langit yang terpantul di air. Aslinya, air Danau Cilembang tidak berwarna. Berkat pantulan dan kejernihan airnya lah danau ini menjadi lebih indah. Beruntung, danau ini masih belum terkontaminasi dan masih dijaga hingga kini.

Surga Indonesia, Air Biru Danau Cilembang | Breaktime
Tanda peringatan di Danau Cilembang (cr. Wewengkon Sumedang)

Danau Cilembang sebenarnya adalah sumber air bagi masyarakat yang tinggal di sekitar danau dan digunakan untuk keperluan sehari-hari. Tidak heran, airnya masih bersih. Karena digunakan untuk kebutuhan umum, pengunjung dilarang keras untuk turun apalagi terjun ke danau yang dalamnya tiga meter karena dapat membuat air menjadi tercemar. Aturan lainnya, Anda tidak boleh mengunjungi danau ini pada hari Selasa dan Jum’at.

Sadar akan potensinya yang dapat mendorong pariwisata, Danau Cilembang diawasi langsung dibawah pengawasan Pemerintah Kabupaten Sumedang. Rencananya, danau biru ini akan dibuka sebagai tempat wisata resmi sekaligus unggulan kota Sumedang karena jumlah kunjungan wisatawan yang terus meningkat setiap harinya.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tempat Rekreasi Anak-Anak Di Bali Bikin Betah

Oleh karena itu, selain dibangun jalan beton sepanjang 300 meter di tahun 2012, Kabupaten Sumedang juga mengatur objek wisata ini untuk memenuhi tujuh persyaratan yang harus dimiliki objek wisata yang ideal yaitu tertib, bersih, sejuk, nyaman, indah, ramah, aman, dan memberikan kesan mendalam.

Satu hal yang harus diantisipasi dari sekarang sebelum terlambat yaitu tidak merusak lingkungan di Danau Cilembang seiring dengan peningkatan kunjungan wisatawan yang mana ini menjadi dilema di Indonesia saat ini. Adanya tempat wisata baru diharapkan tidak menimbulkan keresahan sosial contohnya pencemaran air oleh  pengunjung, berenang di danau, dan budaya tidak tahu tata krama seperti selfie yang rela merusak lingkungan demi mendapat foto yang bagus.

Karena masih tergolong baru, belum ada tiket masuk untuk menikmati keindahan alam yang disajikan. Anda hanya perlu membayar Rp 2000 untuk karcis parkir kendaraan.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
3 Wisata Kuliner Enak Khas Surabaya Malam Hari

Bagi Anda yang datang dari Bandung atau Jakarta, perjalanan ditempuh dengan cara menuju kabupaten Sumedang terlebih dahulu. Bila Anda tidak tahu rute menuju kabupaten ini, ambillah rute menuju tol Padelunyi dan pintu keluar tol Cileunyi. Kemudian menuju Jatinagor, mengarah ke Tanjungsari, teruskan perjalanan melewati Pangeran Batu dan Anda akan tiba di Kabupaten Sumedang yang terkenal dengan sebutan Kota Tahu.

Surga Indonesia, Air Biru Danau Cilembang | Breaktime
Batas Kabupaten Sumedang (cr. panoramio)

Rute lainnya bila Anda berasal dari Bandung dan menggunakan motor, Anda bisa menempuh rute mulai dari Jl. Soekarno-Hatta, lalu ke bunderan Cibiru, terus ke Cileunyi, Jatinagor, Tanjungsari, dan sampailah Anda di Kota Tahu.

Untuk memudahkan perjalanan, bawalah bekal sendiri dari rumah dan bawa pulang kembali sampah Anda ya, B’Timers. Saat berada disana, atuhi peraturan dan jangan sampai merusak lingkungan. Berfoto-foto sewajarnya dan Anda tidak harus nyemplung ke danau. Selamat berwisata!



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE