Surga Bawah Laut Bali di Pulau Menjangan | Breaktime
Surga Bawah Laut Bali di Pulau Menjangan
03.03.2015

Saat mendengar kata Bali, apa yang pertama kali terlintas di pikiran B'timers? Pantai-pantainya seperti Kuta, Dreamland, dan Pandawa, nikmatnya seafood di Jimbaran, kehidupan malam di Legian, atau suasana tenang di Ubud? Penggemar wisata bawah laut, liburan ke Bali kurang lengkap tanpa snorkeling atau diving di Pulau Menjangan.
 
Pulau Menjangan terletak di area Taman Nasional Bali Barat. Lokasinya yang berdekatan dengan Pulau Jawa membuat pulau ini sering "luput" dari wisatawan asing maupun domestik yang umumnya menuju wilayah selatan bali di sekitar Denpasar dan Kuta.

Surga Bawah Laut Bali di Pulau Menjangan

Nama "Menjangan" dalam bahasa Bali berarti "kijang". Pulau tak berpenghuni ini merupakan habitat kijang yang hidup di alam liar. Hewan ini hidup secara berkelompok di daerah perbukitan dan sesekali turun ke pantai saat musim panas.
 
Meski tak berpenghuni, pulau Menjangan tak pernah sepi. Hampir setiap hari puluhan umat Hindu Bali menyeberang menuju pulau ini untuk bersembahyang di sejumlah pura yang terdapat di pulau ini. Terdapat puluhan pura di pulau Menjangan, salah satunya adalah Pura Segara Giri Dharma Kencana. 

Pura ini memiliki patung Ganesha besar di bagian depan dan sebuah anak tangga yang juga berfungsi sebagai dermaga. B’timers bisa menuju Pura ini dengan trekking melalui jalan setapak dari dermaga, atau langsung merapatkan perahu di bawah patung Ganesha.

Surga Bawah Laut Bali di Pulau Menjangan

Obyek utama Pulau Menjangan adalah bawah lautnya. Salah satu kawan traveler dari Jakarta menilai keindahan taman bawah laut Menjangan menyerupai Wakatobi. Tak berlebihan memang, karena bawah laut Pulau Menangan ibarat surga bagi penggemar diving atau snorkeling. 

Ada beberapa spot diving seperti Anchor Wreck di mana terdapat bangkai kapal laut Belanda pada masa Perang Dunia kedua, kemudian Secret Bay yang merupakan lokasi favorit para makro-fotografer, serta Eels Gardens yang merupakan lokasi menyelam terbaik di Pulau Menjangan.

Surga Bawah Laut Bali di Pulau Menjangan

Waktu terbaik untuk menikmati pulau Menjangan adalah saat musim kemarau, antara bulan Mei hingga Oktober. Meski pada pertengahan tahun ombak dan arusnya kadang cukup besar, namun cuaca cerah dan sinar matahari yang melimpah membuat Anda bisa lebih maksimal menikmati pemandangan atas dan bawah laut pulau ini saat musim kemarau.

 How to get there

Akses utama ke Pulau Menjangan adalah perahu motor dari Labuhan Lalang. Lama penyeberangan dari Lalang ke Menjangan kurang lebih 30 menit. Harga sewa perahu mulai Rp 450 ribu, sudah termasuk paket snorkeling, makan siang, dan guide. 
 
Bila B’timers dari arah Denpasar, butuh waktu sekitar tiga jam perjalanan menuju Labuhan Lalang, sedangkan dari Pulau Jawa, Anda harus menuju Banyuwangi, menyeberang ferry Ketapang-Gilimanuk, dan dilanjutkan perjalanan darat kurang lebih 20 menit menuju Labuhan Lalang.

Share This Article