Sunrise Eksotis di Puncak Panguk Kediwung Bantul | Breaktime
Sunrise Eksotis di Puncak Panguk Kediwung Bantul
21.07.2017

Kalau liburan, destinasi yang romantis bisa jadi salah satu tempat perfect buat dituju. Indonesia sendiri punya banyak tempat wisata yang bernuansa romantis. Sebenarnya, wisata romantis tak hanya khusus buat para pasangan, tapi juga bisa buat jalan-jalan dengan keluarga. Karena, kan, tempat yang romantis itu pada umumnya memiliki pemandangan yang benar-benar memanjakan, begitulah.

Seperti banyak spot wisata yang ada di Yogyakarta. Tak ada habisnya, nih, kalau berbicara tentang tempat-tempat wisata alam di kota yang satu ini. Baru saja kota ini sukses menyuguhkan spot yang hits lewat kebun buah Mangunan serta hutan pinus Mangunan. Nah, sekarang ada lagi, nih, ada satu tempat yang sempurna buat menikmati sunrise, tepatnya lokasinya berada di Bantul.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Pesona Laut Terindah Di 5 Hotel Berbintang Di Bali

Spot yang instagrammable ini namanya Bukit Panguk Kediwung. Sekitar Juni 2016 lalu, tempat ini memang sangat viral di media sosial. Bukit ini sendiri masih berada satu kawasan dengan hutan pinus Dingo dan kebun buah Mangunan. Tergolong wisata alam baru, bukit ini menyuguhkan pemandangan alam yang hijau dan segar menghampar. Terutama jika Anda datang di pagi buta dan berkabut, syahdu.

Kalau secara administratif, kita bisa mengetahui bukit ini letaknya ada di Dusun Kediwung Desa Mangunan Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Persisnya, bukit ini terletak di puncak bukit Batu Lawang, sekitar 2 km dari Kebun Buah Mangunan. Anda tak perlu khawatir karena untuk bisa ke sana aksesnya pun sangat mudah, lho. Rutenya mudah, nih, kurang lebih seperti berikut ini.

Jadi, kita berangkat dari kota Yogyakarta, dari sini menuju langsung ke Jalan Imogiri Timur, dengan tujuan arah hutan pinus Dlingo dan kebun buah Mangunan. Sesampainya di Kebun Buah Mangunan, nah, Anda bisa bertanya ke warga setempat, mana jalan yang menuju ke arah Dusun Kediwung. Baru, kalau sudah sampai di sana, Anda bisa langsung menuju ke Bukit Panguk Kediwung dengan memperhatikan petunjuk arah.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
5 Goa Cantik Destinasi Liburan di Halong Bay
Sunrise Eksotis di Puncak Panguk Kediwung Bantul | Breaktime
Menikmati sunrise dari puncak bukit (cr. Ardian Kusuma)

Ada suggestion dari Breaktime untuk bisa menuju ke Bukit Panguk Kediwung ini. Jadi, Anda bisa berkendara sepeda motor saja, ini dikarenakan kondisi jalanannya masih rusak dan juga naik turun. Sebelumnya, Anda pun bisa memastikan kondisi motor terlebih dulu, mengecek apakah keadaan motor Anda baik-baik saja. Pastikan semuanya, mesin dan juga remnya dalam kondisi yang prima.

Perjalanan ini bakal cukup menantang, jadi Anda membutuhkan kendaraan yang benar-benar bisa diandalkan, lho. Namun, tak masalah kalau Anda ingin naik mobil sebagai kendaraan untuk pergi ke sana. Yang perlu dicatat adalah satu hal, pastikan Anda tidak memakai mobil yang ceper. Bisa bahaya, karena jalannya berbatu-batu, jadi bagian bawah mobil bisa tergesek-gesek.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Eksotisnya Penawaran Paket Liburan Terbaik Ini!

Anda pun perlu membawa ban cadangan kalau ke sana, ini dikarenakan tempatnya cukup jauh dan tak ada bengkel juga di sekitarnya yang dekat. Kalau kendaraan sudah, mari bicara tentang tarif di tempat ini, dan juga fasilitas yang ada di sana. Ada sebuah spot foto di sini yang berupa gardu pandang, letak gardu ini menjorok mengarah ke tebing.

Tak perlu khawatir perut keroncongan, karena di sini sudah disediakan gazebo yang bisa digunakan pengunjung buat melepas lelah saat jalan-jalan atau setelahnya. Nah, kalau soal tarif di tempat ini, tidak ada patokannya, lho, untuk sementara tarif yang berlaku masih sukarela. Kalau untuk parkir, dibedakan jadi dua. Kendaraan roda dua tarifnya sebesar Rp 2.000, sedangkan roda empat sebesar Rp 5.000. (md)



artikel kompilasi
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE