Sumber Air Panas Guci Ramai Malam Jumat Kliwon | Breaktime
Sumber Air Panas Guci Ramai Di Malam Jumat Kliwon
03.12.2016

Tegal adalah sebuah kota di Jawa Tengah yang ternyata menyimpan satu tempat wisata yang wajib Anda kunjungi. Namanya pemandian air panas Guci yang letaknya berada di bawah kaki Gunung Slamet. Sumber air panas ini tepatnya berada di ketinggian 1050 mdpl dengan luas 210 hektar.

Lokasinya berjarak 40 km dari kota Tegal. Tak hanya pemandian air panas, di sekitarnya juga sudah dibangun penginapan, villa, losmen, dan hotel berbintang. Yup, tempat ini jadi favorit wisatawan karena berada di dataran tinggi.

Misteri di Pemandian Air Panas Guci

Ada banyak mitos yang berkembang di masyarakat sekitar sumber air panas tentang wisata alam yang satu ini.

  1. Konon, sumber air panas Guci adalah air yang diberikan oleh Walisongo kepada orang utusan mereka yang bertugas menyebarkan agama Islam di Jawa Tengah. Mereka menempatkan sebuah guci yang bisa mendatangka berkat.
  2. Salah seorang sunan menancapkan tongkat kayu ke tanah. Atas izin Tuhan, tongkat itu mengalirkan air panas tanpa adanya sumber belerang.
  3. Pemandian akan ramai pada kamis malam jumat kliwon. Masyarakat percaya jika mandi pada hari itu pukul 12 malam dan memohon sesuatu, maka permohonannya akan terkabul dan mendapat berkah.
  4. Air panas Guci dipercaya mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit.
Sumber Air Panas Guci Ramai Malam Jumat Kliwon | Breaktime
Pemandian air panas yang ramai saat malam jumat kliwon

Keindahan Air Panas Guci

Keindahan di sekitar pemandian tak kalah dengan mitos yang beredar di masyarakat. Selama perjalanan menuju lokasi, B’timers akan disuguhkan pemandangan alam yang sangat asri dan alami. Selain itu, di sekitar pemandian juga terdapat 10 air terjun yang juga bisa Anda kunjungi.

Dengan pemandangan alam yang menakjubkan, tiket masuk wisata pemandian air panas Guci ini relatif murah, lho. Untuk dewasa hanya perlu membayar Rp 5 ribu dan anak-anak hanya Rp 4,5 ribu. Saat hari libur tiket akan naik menjadi Rp 7 ribu untuk dewasa dan Rp 6,5 ribu untuk anak-anak.

Nah, tunggu apalagi sepertinya seru sekali menikmati sumber air panas di atas ketinggian dengan latar Gunung Slamet. Cocok lah untuk rencana liburan Anda. (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE