Sumbawa Gelar Festival Pesona Tambora Kedua | Breaktime
Sumbawa Gelar Festival Pesona Tambora Kedua
20.04.2016

B'timers yang melakukan perjalanan ke Provinsi Nusa Tenggara Barat di bulan April ini disambut oleh berbagai event menarik pada Festival Pesona Tambora 2016.

Festival Pesona Tambora 2016 diselenggarakan di Kabupaten Dompu dan Kabupaten Bima, keduanya terletak di Pulau Sumbawa. Event berskala internasional ini telah memasuki tahun kedua. Tahun lalu, Festival Pesona Tambora mengambil tema "Tambora Menyapa Dunia" sebagai peringatan dua abad meletusnya Gunung Tambora.

Festival Pesona Tambora tahun ini diawali dengan peluncuran branding "Pesona Lombok Sumbawa" sebagai upaya promosi dan meningkatkan kunjungan wisata di Provinsi NTB, khususnya Lombok dan Sumbawa.

Sumbawa Gelar Festival Pesona Tambora Kedua | Breaktime
Pulau Moyo, salah satu destinasi wisata andalan Sumbawa

Sejumlah kegiatan menarik bisa diikuti oleh pengunjung festival ini, di antaranya seminar wisata bahari, Rinjani Menuju Geopark Dunia, dan Lombok Wisata Halal Dunia. Panitia juga menyiapkan Festival Kopi, mengingat Sumbawa juga dikenal sebagai penghasil kopi berkualitas di kawasan Indonesia timur.

Rangkaian utama Festival Pesona Tambora 2016 menghadirkan Tambora Running, Tambora Bike Camp, Tambora Literary, Festival Film di Pulau Satonda, serta pameran seni rupa dan instalasi art-arche di Galeri Seni Satonda.

Selain kegiatan pentas seni dan budaya, Festival Pesona Tambora 2016 juga dimeriahkan trail adventure, sepeda gunung, memancing, paramotor dan kegiatan lainnya. Festival ini juga menghadirkan pengembangan ekonomi kreatif dan pameran produk unggulan seperti kopi Tambora dan kuliner khas daerah.

Sumbawa Gelar Festival Pesona Tambora Kedua | Breaktime
Suasana di Pantai Pulau Satonda yang terkenal dengan Danau Air Asin Satonda

Gunung Tambora merupakan stratovolcano aktif yang terletak di Pulau Sumbawa. Gunung ini meletus dahsyat pada tahun 1883 hingga melenyapkan hampir separuh tinggi gunung yang awalnya 4882 mdpl menjadi 2851 mdpl. Kondisi tersebut sesuai dengan nama Tambora snediri yang berasal dari dua kata, yakni ta dan mbora yang berarti ajakan menghilang.

Letusan dahsyat Tambora pada masa lalu mengakibatkan korban lebih dari 70 ribu jiwa, letusannya mengakibatkan gangguan cuaca hingga ke China, Amerika Utara, dan Eropa. Saat erupsi, letusan Tambora terdengar hingga ke Pulau Sumatera, Makassar dan Ternate sejauh 2.600 km.

Festival ini merupakan salah satu andalan Pemerintah NTB untuk mempromosikan sektor wisata, untuk kalangan domestik maupun mancanegara. Pemerintah berharap pertumbuhan jumlah wisatawan ke NTB naik 50 persen tahun ini dari 1 juta menjadi 1,5 juta wisman. (ZA)

Share This Article