Spektakulernya Pemandangan Bawah Laut Africa van Java | Breaktime
Spektakulernya Pemandangan Bawah Laut Africa van Java
20.03.2015

Taman Nasional Baluran dijuluki "Africa van Java" karena memiliki padang rumput dan fauna seperti rusa, monyet, banteng layaknya savana di Afrika. Tapi siapa sangka, Baluran punya keindahan lain yang melebihi belantara Afrika.

Karena terletak di kawasan tropis, Baluran pun memiliki ciri khas kepulauan di Indonesia, yakni pantai yang cantik, hutan mangrove, dan taman bawah laut yang indah. Pemandangan bawah laut dengan terumbu karang yang masih alami dan ikan warna-warni layaknya di Lombok dan Karimun Jawa bisa B’timers nikmati dengan snorkeling di Pantai Bama. Lokasi pantai ini masih berada di area Taman Nasional Baluran.

Spektakulernya Pemandangan Bawah Laut Africa van Java

Pantai Bama terletak kurang lebih 3 kilometer dari savana Bekol. Pantai ini dikelilingi hamparan pasir putih di bagian utara dan hutan mangrove sebagai habitat burung dan satwa primata di bagian selatan.

Tidak perlu menyewa perahu atau ke tengah laut untuk menikmati keindahan terumbu karang di Pantai Bama. Cukup berjalan kaki kurang lebih 50 meter dari pantai, Anda sudah bisa menemukan spot-spot snorkeling di area ini. Ikan warna-warni, clown fish, soft coral, dan terumbu karang yang masih terawat dengan baik bisa Anda temukan di sini.

Spektakulernya Pemandangan Bawah Laut Africa van Java

Waktu terbaik untuk menikmati taman bawah laut Pantai Bama adalah menjelang musim kemarau, sekitar bulan Mei hingga Juli. Pada bulan Agustus biasanya ombak dan arus laut cukup besar, sementara pada musim hujan cuaca kurang mendukung untuk menikmati keindahan bawah laut Bama.

Bagi traveler yang suka aktivitas underwater, usahakan membawa perlengkapan snorkeling sendiri bila berkunjung ke pantai ini. Koperasi di Pantai Bama juga menyediakan jasa sewa fin, snorkel, dan life-jacket, tetapi jumlahnya terbatas.

Spektakulernya Pemandangan Bawah Laut Africa van Java

Karena posisinya yang langsung menghadap ke timur, Pantai Bama juga merupakan spot terbaik untuk menikmati sunrise dari Taman Nasional Baluran. Selain dari Pantai Bama, spot sunrise lainnya di taman nasional ini adalah dari kawasan savana Bekol.

Bagi yang ingin menginap atau bermalam, tersedia sejumlah cottage di dalam area taman nasional yang terletak di Bekol dan Bama. Usahakan untuk melakukan booking terlebih dulu karena jumlah dan kapasitas penginapan terbatas, sementara pantai ini ramai dikunjungi terutama saat liburan sekolah.

Spektakulernya Pemandangan Bawah Laut Africa van Java

Afrika-nya Indonesia ternyata memiliki keindahan dan kekayaan alam yang tak kalah dengan habitat aslinya di Afrika. Yuk, mengeksplorasi keindahan negeri sendiri!

Share This Article