Snorkeling di Pelabuhan? Poto Tano Tempatnya! | Breaktime
Snorkeling di Pelabuhan? Poto Tano Tempatnya!
12.05.2015

Spot Snorkeling di Pelabuhan Pototano

Pelabuhan identik dengan aktivitas bongkar muat kapal barang, perahu tanker, hingga cuaca yang gersang dan kondisi perairan yang kotor karena air laut tercemar minyak.

Namun kondisi tersebut tidak berlaku di Pelabuhan Poto Tano, Nusa Tenggara Barat. Pelabuhan yang berada di ujung barat Pulau Sumbawa ini selain menjadi pintu masuk dan keluar kendaraan dari Lombok ke Sumbawa, juga dikenal memiliki perairan yang bening, jernih, dan terumbu karang yang masih terjaga.

(Baca juga: 10 Pantai Terbaik Di Indonesia)

Snorkeling di Pelabuhan? Poto Tano Tempatnya!

Sepintas, pelabuhan Poto Tano memang mirip dengan Pelabuhan Padang Bai di Bali, Lembar dan Kayangan di Lombok, atau Labuan Bajo di Flores. Yang membedakan, Poto Tano dikeliling pulau-pulau kecil sehingga menambah eksotisnya lokasi ini.

Salah satu pulau di dekat Poto Tano yang paling terkenal adalah Pulau Kenawa. Pulau ini sudah tak asing lagi bagi traveler yang gemar menikmati keindahan bawah laut dengan coral garden-nya yang masih terawat. Hanya perlu menyeberang 15 menit dengan perahu tradisional dari Poto Tano ke Pulau Kenawa.

Snorkeling di Pelabuhan? Poto Tano Tempatnya!

Dari pulau Kenawa, kita bisa melanjutkan snorkeling di sekitar mercusuar Poto Tano. Perairan di sekitar lokasi ini relatif lebih dangkal dari Kenawa, namun tetap memiliki keragaman karang dan ikan laut yang membuat kita betah berlama-lama snorkeling di sini.

Snorkeling di Pelabuhan? Poto Tano Tempatnya!

Namun kita harus tetap fokus saat menikmati keindahan bawah laut Poto Tano. Hindari snorkeling di jalur keluar masuk kapal besar dan perahu motor yang hilir mudik di sekitar dermaga. Lokasi terbaik untuk snorkeling adalah pantai di sekitar mercusuar.

Snorkeling di Pelabuhan? Poto Tano Tempatnya!

Keindahan di sekitar pelabuhan Poto Tano tak hanya terdapat di bawah laut, tetapi juga dari permukaan. Saat musim kemarau, perbukitan di sekitar pantai akan berwarna kecoklatan, sedangkan saat musim hujan akan menghijau. Dari perbukitan ini kita juga bisa menikmati sunrise dari balik perbukitan di Sumbawa, serta sunset yang tenggelam di balik Rinjani.

How to get there

Snorkeling di Pelabuhan? Poto Tano Tempatnya!

Tak sulit menuju Pelabuhan Poto Tano karena terhubung langsung dengan Pelabuhan Kayangan di Lombok Timur. Jarak tempuh antar dua pelabuhan ini kurang lebih satu setengah sampai dua jam. Setelah tiba di Poto Tano, kita bisa menyewa perahu motor dari nelayan tradisional di sekitar Poto Tano, atau langsung menuju mercusuar untuk snorkeling di sekitar pantai. Tidak ada persewaan alat snorkeling sehingga lebih baik kita mempersiapkan diri peralatan seperti snorkel, fin, hingga life jacket.

Share This Article