Situs Ini Ditemukan Oleh Sang Pendiri Singapura | Breaktime
Situs Ini Ditemukan Oleh Sang Pendiri Singapura
28.07.2017

Semarang jadi salah satu kota dengan destinasi wisata yang patut diacungi jempol. Ada beragam wisata alam, sejarah, dan budaya yang bisa disambangi traveler. Tapi jangan ngaku traveler sejati kalau B’timers masih belum kenal dengan Candi Gedong Songo. Kepopulerannya memang baru terdengar di kalangan wisatawan. Tapi jangan sedih, karena ternyata candi ini menyimpan banyak permata tersembunyi untuk para generasi milenial masa kini.

Candi Gedong Songo adalah candi Hindu yang memiliki banyak arca seperti Ciwa Mahadewa, Ciwa Mahaguru, Ganeca, Durga Mahisasura Mardhini, Nandi Swara, Mahakala, dan Yoni. Bukan hanya arca yang bisa B’timers temukan di sana. Anda juga bisa menikmati spot lainnya yang Instagramable. 

Situs Ini Ditemukan Oleh Sang Pendiri Singapura | Breaktime
Sumber air panas di sekitar candi (eviindrawanto.com)
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Candi Kuno Di Kamboja Buat Traveler Ingin Kembali

Landscape jajaran gunung yang ada di Jawa Tengah juga bisa Anda saksikan. Mulai dari Gunung Merbabu, Telomoyo, Andong, dan Sumbing. Lokasinya yang memang berada di kawasan dataran tinggi, membuat Anda butuh perjuangan untuk sampai di atas. Anda bisa berjalan kaki sambil mencari spot foto terbaik di antara hutan pinus. Lokasi hutan pinusnya nggak jauh dari komplek candi kok.

Candi yang ada di Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Lereng Gunung Ungaran ini baru bisa dinikmati ketika Anda berjalan kaki. Tapi kalau nggak biasa jalan kaki, Anda bisa berkeliling dengan menggunakan kuda. Jangan lupa untuk mampir ke sumber air panas alami saat Anda akan pergi ke Candi Gedong IV dan V. Ini adalah sumber belerang yang baunya memang cukup menyengat. Namanya juga sumber belerang, jadi senantiasa mengeluarkan asap. Tapi Anda yang nggak kuat dingin bisa merasakan nyamannya berendam air hangat alami.

Situs Ini Ditemukan Oleh Sang Pendiri Singapura | Breaktime
Mengelilingi komplek candi dengan kuda (notchbad.com)
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ada Apa Dengan Rumah Adat Krong Bade Aceh?

Sayangnya meski memiliki banyak tujuan di sekitar kompleknya, Candi Gedong Songo ini bisa dibilang miskin relief. Saat Anda berada di sana dan memperhatikan detail bangunannya, hampir tidak ada relief yang ditemukan.

Tapi tahukah Anda siapa yang sebenarnya menemukan situs bersejarah ini? Yup, sang pendiri Singapuralah yang berjasa, Sir Thomas Stamford Raffles. Candi ini ditemukan oleh Raffles pada tahun 1804. Menurut catatan sejarah, candi ini dibangun pada abad ke-9 saat wangsa Syailendra. Raffles sendiri merupakan gubernur Hindia Belanda yang paling termahsyur kala itu.

Gedong Songo sendiri memiliki arti sembilan bangunan. Gedong dalam bahasa Jawa berarti bangunan, sedangkan songo berarti sembilan. Namun, saat Anda traveling ke sana hanya akan menemui lima komplek bangunan candi. Lalu mengapa namanya sembilan? Nah, itulah misteri yang belum juga terpecahkan hingga sekarang.

Situs Ini Ditemukan Oleh Sang Pendiri Singapura | Breaktime
Perpaduan budaya dan alam yang menawan (wisataterindah.com)
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Pesona Hotel Di Bali Dengan Harga Ramah Kantong

Candi Gedong Songo ini rupanya punya kekhasan sendiri. Situs bersejarah ini menunjukkan adanya akulturasi budaya yang tergambar dari kepercayaan pada Parswadewata. Itu adalah persembahan kepada roh nenek moyang yang bersatu dengan Siwa. Buktinya adalah disimbolkan dengan Lingga-Yoni yang dikawal oleh tiga dewa, Durga, Ganesha, dan Agastya.

Apapun yang melatarbelakangi Candi Gedong Songo ini, yang terpenting adalah keindahan di sekitar kompleknya. Sungguh perpaduan budaya dan alam yang mendukung dengan sangat apik. Well, kalau B’timers penasaran, buat jadwal untuk mengunjungi wisata bersejarah yang satu ini. (vpd)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE