Shwedagon, Pagoda Emas Simbol Religi Myanmar | Breaktime
Shwedagon, Pagoda Emas Simbol Religi dan Wisata Myanmar
03.11.2015

Traveling ke Myanmar belum lengkap tanpa mengunjungi pagoda terbesar di Yangon, Shwedagon. Pagoda dengan stupa berlapis emas ini merupakan simbol pariwisata Negeri Seribu Pagoda.

Pagoda Shwedagon juga dikenal sebagai Pagoda Emas, merujuk pada stupa setinggi 99 meter yang berlapis emas. Stupa utama ini mengabadikan peninggalan suci Sang Buddha Gautama dan tiga Buddha sebelumnya.

Menurut legenda, pagoda ini sudah berdiri sejak 2500 tahun lalu, menjadikan Shwedagon sebagai pagoda tertua di Myanmar. Shwedagon telah mengalami beberapa kali renovasi dan perluasan area hingga kondisi sekarang.

Shwedagon, Pagoda Emas Simbol Religi Myanmar | Breaktime
Shwedagon ramai dikunjungi warga serta wisatawan saat pagi dan sore

Pengunjung bisa masuk area utama pagoda dari empat entrance sesuai arah mata angin, yaitu barat, timur, utara, dan selatan. Warga Myanmar bebas masuk dan beribadah di area pagoda, sementara wisatawan asing dikenakan tiket sebesar 8000 kyat atau sekitar Rp 50 ribu.

Di setiap pintu masuk terdapat patung Chinthes, patung singa mitologis Myanmar dengan tubuh putih dan kepala berwarna emas. Bagian atas dari dinding di pintu masuk ke kompleks dihiasi gambaran kisah Jataka dan cerita kehidupan Buddha.

Shwedagon, Pagoda Emas Simbol Religi Myanmar | Breaktime
Aktivitas doa dan pemberkatan bagi Buddha di Shwedagon

Pada setiap sudut pagoda yang berbentuk segi delapan merupakan tempat suci dengan patung Buddha, satu patung untuk setiap hari (Senin sampai Minggu, kecuali Rabu yang memiliki dua patung).

Pagoda Shwedagon merupakan tempat paling suci bagi umat Buddha Myanmar, mereka datang setiap hari untuk berdoa dan memberi persembahan kepada Buddha. Orang Myanmar juga berdoa ke kuil pada hari kelahiran mereka, membakar lilin, dan menuangkan air pada patung Buddha.

Shwedagon, Pagoda Emas Simbol Religi Myanmar | Breaktime
Salah satu sisi di area Pagoda Shwedagon

Daya tarik utama dari Shwedagon adalah stupa emas setinggi 99 meter yang dikelilingi oleh 64 stupa kecil. Konon stupa ini bisa terlihat dari segala penjuru kota Yangon. Anggapan ini sepertinya benar adanya karena saya bisa melihat puncak Shwedagon dari berbagai tempat seperti Downtown Yangon dan Kandawgyi Lake.

Bagi anda yang ingin berkunjung ke Shwedagon, pagoda ini buka setiap hari dari jam 6 pagi sampai 10 malam. Selain tiket masuk bagi wisatawan asing, anda juga bisa ditemani seorang guide lokal yang fasih berbahasa Inggris dengan biaya sekitar USD 5-10. Guide akan menemani dan menceritakan secara detail setiap sudut pagoda.

Shwedagon, Pagoda Emas Simbol Religi Myanmar | Breaktime
Saat sore, stupa Shwedagon menyajikan pemandangan yang indah

Tidak sulit untuk menuju Shwedagon karena terdapat beberapa jalur bis kota yang lewat pagoda ini. Apabila naik taksi dari pusat kota, tarifnya kurang lebih USD 5. Anda pun bisa berjalan kaki selama 15 menit menuju Shwedagon dari Kandawgyi Lake. (za)

Share This Article