Serunya Pulau Ubur-Ubur di Taman Nasional Komodo | Breaktime
Serunya Pulau Ubur-Ubur di Taman Nasional Komodo
12.08.2016

Berwisata ke Taman Nasional Komodo di Provinsi Nusa Tenggara Timur, B'timers tak hanya akan bertemu dengan kadal raksasa purba Komodo, tetapi juga banyak satwa endemik nan unik lainnya.

Bagi yang suka aktivitas laut seperti snorkeling atau diving, sejumlah satwa endemik yang bisa dilihat adalah ikan pari Manta dan ubur-ubur. Khusus ubur-ubur, B'timers tak perlu diving, hanya perlu berenang atau snorkeling di Pulau Ubur-ubur.

Pulau Ubur-ubur atau Jellyfish Island di Taman Nasional Komodo sebenarnya hanya berupa pulau pasir yang muncul ke permukaan saat air laut surut. Di dalamnya terdapat sebuah cekungan yang menjadi habitat berbagai jenis ubur-ubur.

Serunya Pulau Ubur-Ubur di Taman Nasional Komodo | Breaktime
Pemandangan Pulau Ubur-ubur di perairan Taman Nasional Komodo

Dua jenis ubur-ubur yang banyak dijumpai di lokasi ini adalah ubur-ubur tentakel biru dan bening. Kedua jenis ubur-ubur ini relatif tak menyerang manusia, namun sebaiknya B'timers tetap menjaga jarak dengan satwa ini apabila mengambil foto dan tidak menyentuhnya.

Ubur-ubur merupakan jenis binatang laut yang masuk dalam kelas Scyphozoa. Hewan invertebrata ini identik dengan bentuk tubuh berbentuk payung berumbai. Ubur-ubur bisa mengakibatkan gatal pada kulit bila tersentuh. Ada sekitar 1.800 jenis ubur-ubur di dunia.

Serunya Pulau Ubur-Ubur di Taman Nasional Komodo | Breaktime
Jenis ubur-ubur yang banyak ditemui di Pulau Ubur-ubur Taman Nasional Komodo

Jenis ubur-ubur yang paling berbahaya adalah dari kelompok Cubozoa yang banyak hidup di pantai Australia. Sengatan tentakel jenis ubur-ubur ini bisa menimbulkan kematian. Beruntung, ubur-ubur yang hidup di Taman Nasional Komodo ini tergolong tidak terlalu berbahaya.

Pulau dengan danau yang dihuni ubur-ubur seperti yang ada di Taman Nasional Komodo ini bukan satu-satunya yang bisa ditemui di Indonesia. Danau ubur-ubur lain yang lebih dulu populer adalah di Pulau Kakaban yang berada di Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur.

Serunya Pulau Ubur-Ubur di Taman Nasional Komodo | Breaktime
Meski tak menyengat, namun tetap jaga jarak saat berfoto dengan ubur-ubur

Lokasi pulau ubur-ubur di Taman Nasional Komodo berada tak jauh dari Manta Point, yaitu tempat populer bagi wisatawan yang suka diving dan snorkeling untuk melihat langsung Manta -sejenis ikan pari yang tidak menyengat- yang hidup di perairan Taman Nasional Komodo.

Waktu terbaik untuk mengunjungi pulau ini adalah pada pagi hingga siang hari, di mana air laut belum surut sehingga kapal bisa bersandar hingga ke tepi pulau. Hati-hati saat berenang menuju pulau ini karena arus laut kadang cukup kuat.

Gunakan pelindung kaki karena batuan dan karang-karang kecil di sekitar pulau ubur-ubur ini sangat tajam. Apabila belum mahir berenang, gunakan selalu life jacket atau pelampung agar tidak mengenai karang dan ubur-ubur di dasar danau. (za)

Share This Article