Gunung Bromo, Tempat Wisata Sunrise dan SunsetTerbaik! | Breaktime
Serunya Berwisata ke Gunung Bromo!
28.08.2015

Gunung Bromo merupakan salah satu gunung berapi aktif yang terletak di Jawa Timur. Gunung dengan ketinggian 2.329 meter ini merupakan salah satu destinasi wisata gunung favorit. Selain lokasi yang mudah dijangkau, Gunung Bromo juga menawarkan pemandangan alam yang indah.

Waktu yang paling tepat untuk berangkat ke Gunung Bromo adalah pada tengah malam. Dengan begitu, B’timers bisa mencapai kawasan Bromo sebelum fajar menyingsing sehingga bisa menikmati indahnya sun rise di Bromo. Lantas apa saja destinasi wisata di Gunung Bromo?

Gunung Bromo, Tempat Wisata Sunrise dan SunsetTerbaik!  | Breaktime
Pemandangan indah pagi hari di Gunung Bromo

Penanjakan

Sebelum menuju Gunung Bromo, ada baiknya mampir di penanjakan dulu. Kenapa? Pertama, tentu saja untuk menikmati pemandangan Gunung Bromo dari atas. Kedua, tapi tak kalah penting, di Penanjakan B’timers bisa menunggu matahari terbit dan menikmati pemandangan super duper indah, yakni proses terbitnya matahari.

Kawah Gunung Bromo

Setelah menikmati pemandangan Gunung Bromo dan sun rise, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Gunung Bromo untuk melihat kawahnya. Agar dapat melihat kawah Gunung Bromo, Anda harus berjalan kaki dan menaiki tangga untuk naik ke puncak gunung. Jika tak ingin capek berjalan, Anda bisa menyewa kuda milik penduduk lokal dengan harga Rp 30.000-50.000 saja.

Pasir berbisik

Setelah menikmati indahnya kawah Bromo, selanjutnya kunjungi sebuah tempat yang dikenal dengan nama Pasir Berbisik. Kenapa dinamakan Pasir Berbisik? Di dataran yang dipenuhi pasir ini, Anda akan mendengar suara pasir bergesekan saat diterpa angin yang berhembus. Nah, suara tersebut mirip suara bisikan, jadilah dinamakan Pasir Berbisik.

Gunung Bromo, Tempat Wisata Sunrise dan SunsetTerbaik!  | Breaktime
Pemandangan indah di Bukit Teletubbies

Bukit Teletubbies

Destinasi wisata yang satu ini cukup terkenal bagi wisatawan yang bertandang ke Bromo. Bukit Teletubbies merupakan sebuah dataran pasir yang dikelilingi perbukitan hijau. Karena penampilannya yang mirip bukit dalam acara TV Teletubbies, akhirnya nama Bukit Teletubbies disematkan untuk tempat ini.

Baca Juga : BEDA, MENIKMATI SUNRISE BROMO DARI BUKIT KINGKONG

Untuk menuju ke Gunung Bromo, Anda bisa melalui Kabupaten Malang, Kabupaten Lumajang ataupun Kabupaten Probolinggo. Alat transportasi yang bisa digunakan berupa sepeda motor ataupun menyewa Tropper (Hardtop) di pintu masuk, karena mobil pribadi dilarang masuk ke kawasan Gunung Bromo. Alasannya, tak lain dan tak bukan demi keamanan pengunjung karena jalanan yang cukup terjal dan berkelok-kelok sehingga sulit ditempuh dengan mobil keluarga.

Jika ingin berwisata ke Gunung Bromo, jangan lupa gunakan jaket tebal dan sarung tangan untuk menghalau hawa dingin pegunungan. Selain itu, jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen seru di Gunung Bromo.

Selamat berlibur!

Tips saat liburan ke Bromo:

  • Sediakan uang tunai di saku pakaian untuk menyewa kuda saat menuju kawah Bromo
  • Gunakan pakaian tebal, sarung tangan, topi, dan jaket karena udara di Bromo sangat dingin
  • Waktu yang tepat untuk berkunjung ke Bromo adalah bulan Juni sampai Oktober saat musim kemarau

Share This Article