Aksi Lumba-Lumba di Laut Lepas Pantai Lovina | Breaktime
Serunya Aksi Lumba-Lumba Laut Lepas Pantai Lovina
10.02.2016

Bali punya banyak destinasi wisata yang membuat kita tidak pernah bosan berkunjung ke Pulau Dewata ini. Bila selama ini B'timers sering pergi ke Kuta, Seminyak, Nusa Dua, atau bahkan Nusa Lembongan, tak ada salahnya mengalihkan tujuan sejenak menuju kawasan utara.
Pantai Lovina, sebuah kawasan wisata yang berada di Kabupaten Buleleng ini cukup terkenal di kalangan wisatawan domestik maupun asing karena identik dengan ikan lumba-lumba.
Tak salah memang karena meskipun pasir pantai di Lovina tidak seputih pantai-pantai lain di kawasan selatan, tapi Lovina punya atraksi wisata alam yang cukup unik, yaitu melihat aktivitas lumba-lumba di lautan.
B'timers bisa menjumpai lumba-lumba di perairan Lovina yang terletak sekitar satu kilometer dari bibir pantai. Kondisi arus laut yang berada di perairan Lovina relatif tenang sehingga wisatawan bisa menyaksikan sejumlah ikan lumba-lumba dengan menggunakan perahu motor nelayan tradisional.

Aksi Lumba-Lumba di Laut Lepas Pantai Lovina | Breaktime
Lumba-lumba di lokasi ini biasa terlihat pada pagi hari

Untuk bisa melihat atraksi lumba-lumba liar di perairan Lovina, B'timers harus berangkat pagi sekali saat matahari terbit karena lumba-lumba di kawasan ini hanya muncul antara pukul 6 sampai 8 pagi.
Pada jam-jam tersebut puluhan lumba-lumba akan beratraksi secara alami menunjukkan kegiatan mereka. Ada yang sekadar berenang di permukaan air, ada juga yang melompat-lompat.
Aktivitas melihat aksi lumba-lumba di habitat aslinya ini sangat bergantung pada faktor alam seperti pasang surut air laut, arah angin, dan tentu saja keberuntungan untuk bertemu dengan sekelompok lumba-lumba di tengah laut.

Aksi Lumba-Lumba di Laut Lepas Pantai Lovina | Breaktime
Rombongan perahu wisatawan yang menyaksikan aksi lumba-lumba di Lovina

Tak hanya menyaksikan lumba-lumba dari atas perahu, wisatawan yang punya waktu panjang di Lovina bisa menikmati keindahan bawah laut kawasan ini dengan snorkeling dan diving. Tersedia beberapa dive operator di sekitar pantai yang menyediakan paket selam.

Akomodasi

Di sekitar kawasan pantai Lovina terdapat banyak penginapan dengan harga terjangkau, dari kelas homestay sederhana hingga cottage. Ada juga penginapan yang menyediakan atraksi lumba-lumba yang terlatih maupun kebun binatang mini di dalam penginapan tersebut.

Transportasi

Jarak Denpasar dengan Lovina kurang lebih 100 kilometer dan membutuhkan waktu kira-kira dua jam perjalanan, melewati pegunungan, kawasan Bedugul, dan Singaraja. Terdapat transportasi umum dari Terminal Ubung di Denpasar menuju Lovina. Jika B'timers masuk Bali lewat jalur Gilimanuk, hanya perlu waktu satu jam menuju Lovina.

Nah, tunggu apa lagi? Lumba-lumba di Pantai Lovina siap menyambut B’timers! (ZA)

Share This Article