Sensasi Berenang di Kolam Air Soda, Tapanuli | Breaktime
Sensasi Berenang di Kolam Air Soda, Tapanuli
25.09.2016

Apakah Anda pernah mendengar tentang objek wisata alam yang berupa pemandian dengan air soda? Jika belum pernah, Anda harus mengenalinya. Pemandian air soda atau kolam air soda hanya terdapat dua di dunia ini, di Venezuela dan di Indonesia. Wow! Jadi, Anda patut bangga, lho B’timers.

Pemandian Air Soda terletak di Desa Parbubu, Tapanuli Utara, Sumatera Utara. Pemandian ini juga memiliki sebutan lain yaitu Aek Rara. Air yang terkandung dalam kolam ini memang benar-benar air soda yang tak pernah berhenti mengalir.

Sensasi berendam di pemandian ini tentunya berbeda dengan di pemandian pada umumnya. Saat menyeburkan diri ke dalam kolam, Anda akan merasakan tubuh Anda seperti berbusa. Selain itu juga, saat mandi dan berendam di kola mini usahakan untuk selalu berhati-hati agar air tidak masuk ke dalam mata. Karena jika air masuk ke mata akan terasa sangat perih.

Anda jangan beranggapan bahwa kolam air soda ini memiliki rasa seperti soda yang dijual di toko-toko. Air soda di kolam ini tidak memiliki rasa yang manis karena tidak mengandung gula. Oleh karena itu, jangan coba-coba untuk meminumnya.

Sensasi Berenang di Kolam Air Soda, Tapanuli | Breaktime
Sensasi mandi di kolam air bersoda di Sumatera Utara

Kolam air soda ini memiliki sejarah. Pertama kali ditemukan oleh seorang bidan di Tapanuli Utara, yang bernama O Tobing Sihite. Saat itu ia sedang mencangkul tanah dan tanpa sengaja muncul air dari dalam tanah dan memiliki rasa serta aroma seperti soda.

Hingga akhirnya terus keluar dan membentuk sebuah kolam dan pada tahun 2004, Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara meresmikan kolam air soda sebagai objek wisata. Untuk tiket masuk, Anda hanya akan dikenakan biaya sebesar Rp 7 ribu.

Penasaran, kan? Anda harus mengajak teman-teman atau keluarga Anda pergi ke Sumatera Utara dan mampir untuk merasakan sensasi berenang di kolam air soda ini. (vpd)

Share This Article