Manta Point Komodo, Tempat Berenang Terbaik | Breaktime
Sensasi Berenang Dengan “Monster Laut” di Manta Point Komodo
20.09.2015

B'timers penggemar scuba diving atau snorkeling? Cobalah menuju Manta Point di perairan Taman Nasional Komodo karena di lokasi ini wisatawan bisa berenang dan bermain-main dengan ikan pari Manta.

Manta Point terletak di kawasan perairan Taman Nasional Komodo, tak jauh dari Gili Laba atau Gili Lawa. Kawasan ini merupakan spot favorit para diver untuk berinteraksi dengan jenis ikan raksasa ini.

Ikan pari manta bukanlah jenis ikan pari yang kerap dianggap berbahaya dan mematikan. Ikan pari ini justru menjadi "sahabat" bagi para pecinta scuba diving karena keindahan gerakannya di dalam air laut sangat menarik untuk diabadikan.

Manta Point Komodo, Tempat Berenang Terbaik | Breaktime
Ikan Pari Manta banyak ditemui di sekitar Manta Point Komodo

Lebar tubuh pari manta dewasa bisa mencapai 7 meter dengan berat hingga 3 ton. Ikan ini berenang dengan cara menggerakan sirip dada dari kepala hingga bagian belakang. Sehingga bila dilihat dari kejauhan, ikan pari manta seolah-olah sedang terbang.

Ekor pari manta lebih pendek dari jenis ikan pari lainnya, namun memiliki kepala yang terlihat seperti tandung berbentuk sirip. Fungsi dari sirip ini adalah membantu memasukkan air laut yang mengandung plankton sebagai sumber makanan utama pari manta. Selain plankton, ikan ini juga memakan udang dan ikan-ikan kecil lainnya.

Manta Point Komodo, Tempat Berenang Terbaik | Breaktime
Meski tubuhnya besar dan terlihat menakutkan, ikan ini tidak menyerang manusia

Ikan ini memiliki warna tubuh yang bervariasi, di antaranya hitam, biru keabu-abuan, cokelat, hingga nyaris putih. Pola warna ini bervariasi menurut habitatnya, seperti manta hitam yang terdapat di perairan Pasifik dan manta abu-abu gelap yang terdapat di perairan Indonesia.

Sepintas, ikan pari manta terkesan besar dan menakutkan, ibarat predator laut yang berbahaya bagi manusia. Namun ikan ini cukup ramah dan tidak menyerang manusia. Pari manta sering muncul di perairan dalam, terumbu karang, dan permukaan laut untuk mencari kehangatan sinar matahari.

Manta Point Komodo, Tempat Berenang Terbaik | Breaktime
Seorang wisatawan berenang dengan ikan pari Manta di Taman Nasional Komodo

Saat cuaca cerah dan ombak tidak terlalu besar, di sekitar Manta Point Kepulauan Komodo ini kita bisa menyaksikan aktivitas ikan pari manta dari atas kapal. Ikan ini hidup bergerombol di perairan tropis.

Indonesia merupakan salah satu habitat ikan pari manta terbesar di dunia, dengan dua habitat utama di Raja Ampat, Alor, dan Taman Nasional Komodo. Meski belum termasuk dalam hewan yang terancam punah, namun diperkirakan jumlah populasi ikan pari manta terus menyusut seiring dengan pencemaran laut, perburuan, dan rendahnya tingkat kelahiran pari manta.


Tips
  • Untuk kenyamanan dan keamanan, bawalah peralatan selam sendiri saat mengunjungi lokasi ini.
  • Bagi yang belum berpengalaman, pastikan mendapat dampingan dari para expert saat menyelam.

Share This Article