Sempatkan Mengunjungi Tugu Kujang di Bogor! | Breaktime
Sempatkan Mengunjungi Tugu Kujang di Bogor!
06.11.2016

Bogor punya sejuta tempat wisata alam, wisata kuliner, dan wisata belanja. Namun, tahukah Anda bahwa bogor juga memiliki bangunan bersejarah yang menjadi simbol dan ciri khas kota Bogor jika Anda berkunjung ke sana.

Yup, bangunan tersebut adalah sebuah tugu yang berdiri kokoh di pusat kota Bogor. Namanya Tugu Kujang, tepatnya terletak di Jl. Pajajaran.

Sejarah

Tugu Kujang memiliki sejarah panjang sejak proses pembangunannya. Tugu setinggi 25 meter ini dibangun pada 4 Mei 1982. Saat itu kota Bogor berada dibawah pimpinan Ahmad Sobana. Tugu ini dibangun di atas lahan dengan luas 26 x 23 meter. Biaya pembangunan tugu ini sangat menakjubkan, yaitu menghabiskan dana sebesar Rp 80 juta. Wow! 

Sempatkan Mengunjungi Tugu Kujang di Bogor! | Breaktime
Penampakan tugu Kujang yang berdiri kokoh

kekuatan ghaib. Senjata tersebut sudah ada sejak abad ke-14 Masehi, tepatnya pada masa pemerintahan Prabu Siliwangi.

Untuk menghormati sejarah tersebut, pada tugu ini dibuat ornamen kujang yang diletakkan di bagian atas. Ornamen tersebut memiliki berat 800 kg dengan tinggi 7 meter. Ornamen kujang tersebut dilapisi dengan bahan stainless stell, tembaga, dan kuningan.

Apa yang menarik dari tugu Kujang?

Tugu Kujang memiliki sisi menarik yang harus B’timers ketahui. Saat pemasangan ornamen kujang pada masa itu, ribuan pasang mata menyaksikan peletakkannya dengan menggunakan helikopter AURI.

Selain itu, tepat di bawah tugu Kujang terdapat sebuah kalimat dalam bahasa Sunda, yaitu Dinu kiwari ngancik nu bihari seuja ayeuna sampeureun juga. Kalimat tersebut memiliki arti bahwa apa yang dilakukan hari ini dan esok harus lebih baik dari hari-hari sebelumnya.

Sempatkan Mengunjungi Tugu Kujang di Bogor! | Breaktime
Ornamen senjata kujang yang ada di puncak tugu

Kalimat tersebut diambil dari tulisan yang terdapat dalam prasasti Lingga dan Batutulis peninggalan kerajaan Pajajaran yang dipimpin oleh Sri Baduga Maharja Ratu Adil.

Nah, jika Anda pergi ke Bogor sempatkan untuk melewati tugu Kujang ini B’timers. Atau Anda juga bisa berfoto dengan latar belakang tugu Kujang yang jadi simbol kota Bogor. (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE