Selain Lawang Sewu, Wisata Sejarah Ini Juga Seru | Breaktime
Selain Lawang Sewu, Wisata Sejarah Ini Juga Seru
16.08.2016

Apa yang Anda cari saat pergi berwisata, B’timers? Selain untuk melepaskan beban yang menumpuk di dalam pikiran, sesekali Anda juga perlu menikmati keindahan sejarah dari destinasi wisata di Indonesia, lho. Jadi selain menambah pengalaman, dengan mengunjungi destinasi wisata bersejarah, pengetahuan Anda juga semakin bertambah. Berikut daftar destinasi wisata bersejarah yang wajib Anda datangi!

Lawang Sewu

Satu peninggalan sejarah di Semarang ini dulunya merupakan perusahaan kereta api milik pemerintah Belanda. Meski jumlah pintunya tidak mencapai seribu, namun bangunan yang satu ini tetap mendapat nama “Seribu Pintu”. Inilah saksi bisu mengenai perang kemerdekaan yang pernah terjadi di Semarang.

Selain Lawang Sewu, Wisata Sejarah Ini Juga Seru | Breaktime
Bangunan budaya ini menyimpan banyak sejarah, lho

Tongkonan

Sulawesi Selatan juga punya destinasi wisata bersejarah, lho. Salah satunya Tongkonan, yang merupakan peninggalan Belanda. Keindahan bangunan rumah adat di sini menjadi daya tarik utama wisatawan yang datang berkunjung. Selain belajar sejarah, di sini Anda juga akan belajar budaya asli Indonesia, B’timers.

Museum Fatahillah

Di mana lagi kita bisa belajar mengenai sejarah, jika tidak di museum, B’timers? Nah, Museum Fatahillah ini bertempat di gedung balai kota lama yang dibangun Belanda. Beragam bukti sejarah, seperti prasasti peninggalan Kerajaan Tarumanegara, hingga keramik antik dari China dan Eropa ada di dalam museum.

House of Sampoerna

Destinasi wisata bersejarah yang berlokasi di Surabaya ini dulunya adalah panti asuhan yang dibangun oleh pemerintah Belanda pada tahun 1862. Setelah pengusaha dari Tionghoa membelinya, bangunan ini beralih fungsi menjadi pabrik rokok. Anda bisa tahu tentang perkembangan industri rokok Indonesia.

Selain Lawang Sewu, Wisata Sejarah Ini Juga Seru | Breaktime
Inilah kawasan penuh sejarah yang ada di Medan

Kawasan Kesawan

Nah, sementara kawasan bersejarah di Kota Medan ada di kawasan Kesawan, B’timers. Di sepanjang jalan utama, Anda bisa melihat deretan bangunan sisa masa kejayaan Belanda dengan bentuk arsitektur khas Eropa kuno. Tak hanya itu, karena di sini juga kental dengan budaya Tionghoa-nya, B’timers.

Indonesia memang kaya akan destinasi wisata bersejarahnya, ya? Luangkan waktu untuk mengunjungi tempat-tempat penuh cerita dari masa lalu untuk mengambil banyak pelajaran baru. Bukankah bangsa yang baik adalah bangsa yang tidak melupakan sejarahnya, B’timers? (NO)

Share This Article