Selain Bunaken, Ini Lokasi Selam Keren di Manado | Breaktime
Selain Bunaken, Ini Lokasi Selam Keren Sekitar Manado
02.05.2016

Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan yang memiliki banyak destinasi bawah laut bagi penggemar selam alias diving. Salah satu lokasi diving yang sudah lama cukup terkenal adalah Bunaken.

Pulau Bunaken bisa ditempuh dengan penyeberangan perahu motor dari Manado, ibu kota Provinsi Sulawesi Utara. Tapi bagi B'timers yang tidak ada waktu ke Bunaken, daerah sekitar Manado pun memiliki sejumlah titik selam yang tak kalah indah dengan Bunaken.

Molas Shipwreck

Lokasi ini berada tak jauh dari Desa Molas di utara Manado. Sebuah kapal kargo Jepang yang tenggelam dihantam torpedo pada tahun 1942 di kedalaman 10 meter menjadi daya tarik lokasi ini. Penyelam pemula dan wisata tidak dibolehkan masuk ke area kapal, tapi masih bisa melihat dari dekat berbagai biota laut di bagian luar kapal.

Betlehem

Kependekan dari "Better than Lembeh", lokasi ini berupa situs muck dive yang dasarnya berpasir hitam dan memiliki jarak pandang dan suhu air yang lebih hangat dibandingkan Lembeh. Di bagian dangkalnya terdapat sejumlah titik penangkaran kerang yang juga menjadi tempat tinggal berbagai hewan makro.

Selain Bunaken, Ini Lokasi Selam Keren di Manado | Breaktime
Gerombolan schoolfish yang sering ditemui saat diving di sekitar perairan Manado

Tanjung Kelap

Kawasan Tanjung Kelap berupa dinding karang yang dipenuhi koral keras dan lunak dengan kipas gorgonia yang beraneka warna. Kawanan kakap hitam sering tampak berputar-putar di sini.

Tanjung Pisok

Hamparan karang yang menurun hingga kedalaman 15–20 meter ini ditumbuhi spons barel dan koral hijau yang sering dirubung ikan karang dan lingkungan sekitarnya sering menjadi tempat hidup ribbon eel dan nubribranch.

Selain Bunaken, Ini Lokasi Selam Keren di Manado | Breaktime
Selain Bunaken, Manado punya sejumlah titik selam untuk pemula maupun yang sudah mahir

City Extra

Kawasan ini merupakan dataran berpasir yang banyak dihuni ghost pipefish, mimic octopus, ambon scorpionfish, kuda laut, boxfish, dan flamboyant cuttlefish. Jika beruntung, di sini juga sesekali terlihat dugong yang populasinya semakin langka. Dinamakan City Extra karena berada tak jauh dari salah satu pusat kuliner ternama di Manado, City Extra. (ZA)

Share This Article