Sehari di Banda Aceh, Kunjungi 5 Destinasi Ini | Breaktime
Sehari di Banda Aceh, Kunjungi 5 Destinasi Ini
06.09.2016

Daerah Istimewa Aceh merupakan salah satu wilayah di Indonesia bagian barat yang memiliki banyak destinasi wisata yang patut dikunjungi, mulai dari pantai-pantai yang indah hingga bangunan bersejarah.

Tapi, bagaimana bila B'timers tak punya banyak waktu singgah di Aceh, khususnya Banda Aceh? Jangan khawatir, cukup satu hari di ibu kota Tanah Rencong ini B'timers bisa mengunjungi berbagai destinasi wisata khas Aceh.

Berikut lima destinasi wisata yang saya rekomendasikan apabila B'timers cuma punya waktu sehari di Banda Aceh.

1. Museum Tsunami

Museum ini didirikan untuk mengingat kembali bagaimana bencana tsunami pernah menghancurkan pesisir Aceh pada Desember 2004 silam. Namun pesan yang disampaikan museum ini sangat jelas dan kuat, yakni masyarakat Aceh khususnya dan Indonesia mampu bangkit pasca bencana dan makin peduli terhadap tsunami maupun bencana alam lainnya.

Sehari di Banda Aceh, Kunjungi 5 Destinasi Ini | Breaktime
Museum Tsunami di Banda Aceh, mengenang kembali musibah Tsunami tahun 2004

2. Masjid Raya Baiturrahman

Salah satu simbol Banda Aceh, Masjid Raya Baiturrahman terletak di tengah kota dan menjadi pusat kajian Islam maupun kegiatan keagamaan lainnya. Saat saya berkunjung ke masjid ini pada Mei 2016 lalu sedang dilakukan sejumlah renovasi, salah satunya untuk membangun beberapa payung raksasa mirip Masjid Nabawi di Madinah dan Masjid Agung Jawa Tengah di Semarang.

Sehari di Banda Aceh, Kunjungi 5 Destinasi Ini | Breaktime
Masjid Raya Baiturrahman merupakan simbol kemegahan Aceh sebagai Serambi Mekah

3. Monumen Tsunami

Daerah pesisir Banda Aceh merupakan wilayah paling terdampak tsunami tahun 2004 lalu, tak heran bila banyak puing-puing dan bangunan yang hingga kini masih tersisa. Dua di antaranya adalah Perahu Tsunami dan Kapal PLTA Apung. Dua kapal ini terseret ombak tsunami hingga ratusan meter ke daratan, menjadi bukti dan gambaran betapa dahsyatnya tsunami kala itu. Kini, dua lokasi terdamparnya kapal ini dijadikan museum sebagai pengingat musibah tsunami Aceh.

Sehari di Banda Aceh, Kunjungi 5 Destinasi Ini | Breaktime
Kapal nelayan yang terseret Tsunami hingga ratusan meter kini jadi museum di Aceh

4. Pelabuhan Ulelheue dan Masjid Baiturahim

Pelabuhan ini merupakan pintu masuk dan keluar menuju Banda Aceh dari Pulau Weh, tak heran bila pelabuhan ini selalu ramai, baik di sekitar dermaga maupun sepanjang jalan kembar di sekitar pantai. Saat sore, jalanan di sekitar pelabuhan ini sangat ramai oleh penduduk lokal dan pedagang, terutama saat akhir pekan. Tak jauh dari pelabuhan terdapat Masjid Baiturahim yang menjadi saksi bisu bencana tsunami tahun 2004. Tepat di samping masjid terdapat sebuah museum kecil yang di dalamnya terdapat banyak foto-foto dan memorabilia tragedi tsunami Aceh.

Sehari di Banda Aceh, Kunjungi 5 Destinasi Ini | Breaktime
Kuliner Mie Aceh, salah satu menu wajib bagi penggemar makanan saat traveling ke Aceh

5. Kuliner Mie Aceh

Belum lengkap ke Aceh kalau belum mencoba kuliner khas daerah ini, yaitu mie aceh. Sedap dan gurihnya mie dengan aroma seafood dijamin akan menggoyang lidah tiap traveler yang singgah di Banda Aceh. Di Aceh, saya mencoba Mie Aceh di Warung Razali yang terkenal enak dan lezat, wajib dikunjungi bila B'timers traveling ke Bumi Serambi Mekah. (za)

Share This Article