Sederet Fakta Unik dan Menarik Seputar Jepang | Breaktime

ARTIKEL TRAVEL

Barry Kusuma

"Travel and Photography" Inspiring Photos & Video through the Lens.

Sederet Fakta Unik dan Menarik Seputar Jepang
12.09.2016

Jepang merupakan negeri favorit untuk destinasi wisata di Asia Pasifik. Karena Jepang punya alam yang indah, budaya yang sangat kuat dan kuliner fresh yang terkenal lezat. Namun, negara ini termasuk yang biaya hidupnya tinggi, B’timers. Karena itu, bagi kita orang Indonesia, mengunjungi Jepang harus siap-siap merogoh kocek.

Nah, selain keindahan alam dan biaya hidupnya yang tinggi, Jepang terkenal sebagai negara kepulauan dengan budaya yang unik. Selain itu, Jepang juga sangat dikenal akan kedisiplinannya. Mau ke Jepang? Sebelum ke sana, ada 12 fakta yang harus Anda ketahui tentang Jepang. Apa sajakah itu?

Terdiri dari lebih dari 6800 pulau

Jepang ternyata punya banyak pulau kecil, mulai dari pulau Okinawa sampai kota metropolitan seperti Tokyo. Dan, kebanyakan dari pulau ini belum disentuh oleh para turis, lho.

Mengalami 1.500 gempa bumi per tahun

Jepang berada di atas 4 lempengan planet yang terus bergerak, makanya sering terjadi gempa bumi, termasuk yang parah hingga menyebabkan tsunami seperti pada tahun 2011.

Sederet Fakta Unik dan Menarik Seputar Jepang | Breaktime
Pegunungan yang menakjubkan

Punya lebih dari 50 ribu jiwa yang berusia lebih dari 100 tahun

Yang satu ini merupakan fakta, dan ternyata sekitar 87 persennya adalah perempuan! Di Jepang perempuan mempunyai umur yang lebih panjang, apa ya, rahasianya?

Kereta Jepang paling tepat waktu di seluruh dunia

Biasanya, paling terlambat hanya 2 menit saja. Bahkan saking tepat waktunya, jika hanya terlambat 5 menit, semuanya mendapat permintaan maaf dari pihak kereta secara formal.

Ada lebih banyak hewan peliharaan dibanding anak kecil

Survey tahun 2014 membuktikan bahwa  terdapat sekitar 21.3 juta binatang peliharaan yang terdaftar dan angka itu melebihi jumlah anak di bawah umur 15 tahun yang ada di Jepang. 

Sederet Fakta Unik dan Menarik Seputar Jepang | Breaktime
Warna-warni daun di Jepang

Pekerja yang tertidur saat sedang bekerja dianggap kelelahan karena bekerja keras

Unik, di Jepang jika Anda tertidur saat sedang bekerja, Anda malah kelihatan rajin, lho! Tertidur saat bekerja juga dilakukan untuk mengekspresikan sekeras apa mereka bekerja. Bahkan ada istilah untuk fenomena ini yaitu inemuri. Inemuri harus dilakukan dengan cara tertentu lho, yaitu tidur dengan keadaan punggung tegap untuk memperlihatkan bahwa anda masih terlibat secara sosial.

Di Jepang, kucing hitam adalah simbol keberuntungan

Di Amerika, kucing hitam disimbolkan sebagai kesialan karena dianggap sebagai peliharaan penyihir, sementara di Jepang, kucing hitam adalah simbol keberuntungan. 

Sederet Fakta Unik dan Menarik Seputar Jepang | Breaktime
Matahari terbit yang sangat indah

Pencipta Anime, Jepang menggunakan kertas untuk komik jauh lebih banyak dibanding kertas toilet

Karena kelarisannya, kertas lebih banyak digunakan untuk memproduksi manga dibanding tissue toilet. Setiap tahunnya, Jepang memproduksi 553 juta komik.

Jepang punya toilet ternyaman di dunia

Toilet yang ada di Jepang rata-rata otomatis. Ketika menduduki saja sudah banyak tombol untuk berbagai macam fitur, bisa dibilang toilet di Jepang juga sangat bersih.

Wah, jadi makin penasaran, kan? Sekali seumur hidup wajib nih, kunjungi Jepang, B’timers! (bk)

Share This Article